Recent in Technology

Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop Windows 10

Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop Windows 10

Cara cek kesehatan hardisk laptop Windows 10 ini bertujuan untuk mengetahui data yang tidak sehat pada laptop. Karena sebagian besar komponen komputer bisa diganti, data-data yang tidak sehat juga perlu diganti atau dihilangkan. Untungnya, Windows 10 juga sudah menyertakan kemampuan untuk memeriksa kesehatan hardisk, aplikasi, juga masa pakai baterai sehingga pengecekan kesehatan bisa dilakukan dengan mudah.

5 Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop Windows 10

Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop Windows 10 1

Laptop yang tidak sehat tentu akan tidak nyaman saat digunakan. Terlalu banyak data yang tidak penting atau terkadang virus dapat membuat laptop tidak sehat. Berikut ini cara cek kesehatan hardisk laptop Windows 10 yang mudah untuk diikuti.

a. Optimize and Defrag di Windows 10

Saat hardisk non-SSD terasa melambat, Anda perlu mengecek tingkat fragmentasinya menggunakan fitur defrag bawaan Windows 10. Caranya, ketik “defrag” ke dalam menu Start, lalu buka Defragment and Optimize Drives. Setelah itu, pilih drive dan klik Analyse. Jika fragmentasi terdeteksi, klik Optimize atau Defrag. Jadi, Windows 10 sebenarnya bisa melakukan proses optimalisasi secara otomatis dengan fitur ini.

Ada juga software gratis yang bisa digunakan, yaitu Defraggler. Aplikasi tersebut dapat mendeteksi dan mengurangi fragmentasi dengan lebih baik, tetapi Anda harus meng –installnya terlebih dahulu.

b. Software Bawaan Pabrikan Hardisk

Merek ternama pasti sudah menyediakan tools tangguh dan gratis untuk memeriksa kesehatan hardisk. Untuk mengetahui mana yang sebaiknya digunakan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu merek hardisk tersebut.

Jika tidak tahu, Anda bisa melihatnya dengan cara menekan tombol Windows. Selanjutnya, ketik “device manager” pada kolom pencarian dan jika sudah muncul, Anda tinggal mengekliknya. Pada Device Manager, klik Disk Drive, lalu catat nomor model hardisk.

Kemudian, buka browser dan ketikkan nomor model ke mesin pencarian Google untuk mencari tahu merek hardisk tersebut. Buka halaman dukungan pabrikan untuk mencari utilitas hardisk. Meskipun memiliki fungsi yang sedikit berbeda, setiap software memiliki fitur diagnostik untuk menguji kesehatan hardisk.

c. Tool Windows CHKDSK

Windows CHKDSK Tool adalah alat bawaan Windows 10 yang akan melakukan scan disk untuk menemukan kesalahan sistem dan bad sector. Setelah masalahnya diketahui, alat ini akan men-scan dan memperbaiki masalah yang dapat diperbaiki. Untuk menggunakan CHKDSK, klik kanan pada hardisk yang ingin diperiksa, lalu pilih Properties. Klik pada tab Tools dan ikuti dengan klik tombol Check Now.

d. WMIC

Cara cek kesehatan hardisk laptop windows 10 yang lain adalah dengan menggunakan WMIC, yaitu baris perintah yang dapat melakukan banyak tugas administratif, termasuk memeriksa kesehatan hardisk. Alat ini menggunakan fitur SMART (Self-Monitoring, Teknologi Analisis, dan Pelaporan).

Fitur SMART merupakan fitur hardisk untuk melihat status dan memberikan kesimpulan sederhana, seperti OK atau Pred Fail. Meskipun hanya memberikan informasi yang sangat sedikit, kecepatan fitur bawaan Windows ini tidak perlu diragukan.

Untuk memeriksa hardisk dengan WMIC, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah tekan tombol Win + R untuk membuka dialog Run. Lalu, ketik “cmd” dan klik OK untuk membuka prompt perintah Windows.

Ketika promp Windows sudah terbuka, ketik “wmic” dan tekan Enter. Kemudian, pada saat jendela WMI sudah siap, ketik: diskdrive get status dan tekan Enter lagi. Tunggu beberapa saat sampai terlihat status hardisk

e. Software Hardisk Health Checking

Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop Windows 10 2

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan alat pemeriksaan kesehatan hardisk pihak ketiga. Alat ini yang akan menawarkan lebih banyak informasi, bukan hanya berupa pemberitahuan status hardisk baik atau buruk. Sama seperti WMIC, tools ini juga menggunakan fitur SMART. Bedanya, alat ini memberikan informasi yang lebih detail dan jelas.

Demikianlah 5 cara memeriksa kesehatan hardisk laptop windows 10 yang bisa  Anda lakukan. Anda bisa memilih salah satu cara di atas yang dirasa paling mudah untuk mengetahui status kesehatan laptop Anda.

Posting Komentar

0 Komentar

People