Adu kamera iPhone 12 Pro Max vs iPhone 12 Pro: Apakah lebih besar selalu lebih baik?

Apple-iPhone-12-Pro-vs-iPhone-12-Max-camera-3

Teknologi kamera ponsel pintar saat ini sangat pesat dalam beberapa generasi terakhir. banyak pilihan ukuran sensor kamera utama, zoom telefoto vs periskop, dan lensa sudut lebar dengan berbagai lebar yang tersebar di seluruh pasar. Memilih kombinasi terbaik bukanlah tugas yang mudah.

Salah satu tren yang agak menjengkelkan selama beberapa tahun terakhir adalah model yang lebih besar dan lebih mahal di setiap rentang memiliki spesifikasi kamera yang superior. Baik itu Samsung Galaxy S20 Plus vs S20 Ultra , Huawei P40 Pro vs P40 Pro Plus , atau seri OnePlus 8 . tanpa kecuali Sony Xperia 1 II dan 5 II, hampir tidak mungkin menemukan model ponsel yang lebih kecil yang berbagi pengaturan kamera canggih yang sama dengan saudara mereka yang lebih besar. Tetapi pertanyaannya adalah apakah itu benar-benar penting?.

Berikut adalah perbandingan yang kami kutip dari web androidauthority.com

Rundown spesifikasi kamera singkat

Kedua iPhone terbaru Apple memiliki fitur pengaturan kamera tiga kali lipat 12 megapiksel. Ini adalah konfigurasi zoom utama, sudut lebar, dan telefoto yang sudah tidak asing lagi. Namun demikian, ada perbedaan halus antara kamera utama dan telefoto yang patut disoroti.

Sebagai permulaan, iPhone 12 Pro Max menawarkan sensor utama yang lebih besar. Apple mengatakan itu 47% lebih besar dari sensor utama di iPhone 12 Pro, yang melihat piksel sensor individu meningkat dari 1,4µm menjadi 1,7µm. Sensor yang lebih besar dengan piksel yang lebih besar menangkap lebih banyak cahaya, yang seharusnya memberikan keuntungan bagi pengambilan detail, noise, dan fotografi cahaya rendah.

Sensor utama iPhone 12 Pro Max juga beralih dari optical image stabilization (OIS) menjadi sensor-shift stabilization (IBIS). sensor-shift stabilization biasa terdapat pada kamera mirrorless ukuran penuh. Itu dapat membuat hingga 5.000 penyesuaian mikro setiap detik. Stabilisasi yang lebih cepat dan lebih sensitif menawarkan keuntungan teoritis saat mengoreksi tremor tangan ringan selama eksposur lama. Jadi sekali lagi, cahaya rendah akan mendapatkan manfaat paling banyak.

iphone 12 pro vs iphone 12 pro max

Lensa sudut lebar dan sensor kedalaman Li-DAR sama pada kedua ponsel. Satu-satunya perubahan lainnya adalah pada kamera telefoto. Namun demikian, ini hanya tampak seperti penyesuaian pada bukaan lensa dan panjang fokusnya. Kamera telefoto iPhone 12 Pro memiliki panjang fokus 52mm, yang merupakan 2x panjang fokus sensor utama 26mm. Model Pro Max memiliki lensa telefoto 65mm, yang bekerja hingga 2,5x zoom dari kamera utama.

Meskipun ada sedikit perbedaan perangkat keras di sini, yang terbesar jelas-jelas harganya. Anda akan membayar ekstra $ 100 / £ 100 / € 100 untuk perubahan kamera ini, bersama dengan layar yang lebih besar dan baterai yang sedikit lebih besar. Namun, apakah biaya tambahannya sepadan bagi para penggemar fotografi seluler?

Pengambilan foto daylight

daylight
Seperti yang Anda harapkan dari perusahaan premium seperti Apple, kualitas gambar sangat bagus di kedua handset. Faktanya, keduanya mengambil gambar yang pada dasarnya identik di siang hari dan kondisi mendung. Pemrosesan warna, pencahayaan, rentang dinamis, keseimbangan putih, dan fokus tidak dapat dibedakan antara dua model iPhone 12. Kedua rangkaian gambar tampak hebat dan sangat realistis.

Ada sedikit perbedaan dalam faktor krop default saat memotret. Ini karena kamera zoom yang berbeda. Namun, warna kulit, warna, dan detailnya juga sama di sini. Kualitas dan akurasi bokeh blur juga sangat baik pada kedua model. Kesimpulan umumnya adalah bahwa gambar full-frame hampir tidak dapat dibedakan. Tapi bagaimana dengan 100% tanaman?Ada sedikit perbedaan dalam faktor krop default saat memotret. Ini karena kamera zoom yang berbeda. Namun, warna kulit, warna, dan detailnya juga sama di sini. Kualitas dan akurasi bokeh blur juga sangat baik pada kedua model. Kesimpulan umumnya adalah bahwa gambar full-frame hampir tidak dapat dibedakan. Tapi bagaimana dengan tanaman?

kamera iphone 12 pro vs iphone 12 pro max

kamera iphone 12 pro vs iphone 12 pro max

Melihat detail dari hasil jepretan di atas menegaskan analisis sebelumnya  tidak ada perbedaan mencolok antara keduanya. Pada 12 megapiksel masing-masing, bingkainya akan selalu terlihat serupa dalam hal resolusi. Namun, tidak ada perbedaan dalam detail atau noise, setidaknya dalam pencahayaan yang baik.

Sensor utama iPhone 12 Pro Max yang lebih besar tidak membuat perbedaan apa pun di siang hari. Kemudian lagi, sebagian besar ponsel cerdas sulit dibedakan dalam pencahayaan yang sangat baik akhir-akhir ini. Yang menarik adalah konsistensi yang diperoleh algoritme pemrosesan Apple dari perangkat keras yang berbeda. Ini prestasi yang cukup mengesankan. Ini juga menunjukkan bahwa pemrosesan dan peningkatan gambar pembelajaran mesin adalah faktor besar dalam tampilan kamera dan juga perangkat keras yang bagus saat ini.

Pengambilan foto lowlight

Jika tidak ada perbedaan di siang hari, mari kita lihat beberapa gambar waktu cahaya redup dan malam hari.

kamera iphone 12 pro vs iphone 12 pro max

Saat memotret dengan Mode Malam dinonaktifkan, akhirnya ada beberapa perbedaan kecil yang perlu diperhatikan antara kedua ponsel. Warna, keseimbangan putih, dan rentang dinamis sama. Namun, eksposurnya sedikit berbeda di antara keduanya. Dalam bidikan cahaya lilin pertama, iPhone 12 Pro Max sedikit lebih kurang cahaya tetapi sebagian kecil lebih berwarna. Tidak jelas apakah ini karena perbedaan kecil dalam konten adegan atau perangkat keras yang berbeda. Dalam contoh kedua, Pro Max sedikit lebih cerah dan lebih berwarna, menunjukkan keunggulan kecil untuk sensornya yang lebih besar. Meskipun dalam kondisi ekstrim ini, perbedaannya sangat halus.

Saat kami mengaktifkan Mode Malam, semua perbedaan menghilang. Eksposur dan kecerahan menjadi lebih sulit dibedakan dalam contoh cahaya redup ketiga dan keempat kami. Warna dan rentang dinamis juga hampir sama persis. Foto-foto ini seperti diambil dengan telepon yang sama.

kamera iphone 12 pro vs iphone 12 pro max

Sekali lagi kita harus beralih ke 100% crop untuk mencoba membedakan kedua ponsel. Sekali lagi perbedaannya, jika ada, sangatlah kecil.

Tanpa Mode Malam untuk membantu, sensor yang lebih besar di dalam iPhone 12 Pro Max keluar sedikit lebih bersih daripada iPhone 12 Pro. Kita dapat melihat ini sebagai noise yang sedikit lebih sedikit dan tepi yang lebih bersih pada pemotongan pertama. Adegan juga sedikit lebih terekspos. Namun demikian, perbedaan yang sangat kecil ini tidak memengaruhi bidikan full-frame.

Mengaktifkan Mode Malam untuk menyeimbangkan perbedaan mencolok di antara kedua ponsel. Keduanya menawarkan eksposur, white balance, warna, dan detail yang sama bagusnya dalam mode ini. Kedua ponsel memiliki noise yang hampir sama dalam bidikan cahaya yang sangat rendah ini, tetapi itu bukan masalah besar. Sekali lagi, peningkatan perangkat lunak Apple membuat kami berjuang untuk melihat perbedaan antara opsi perangkat keras.

Kemampuan kamera zoom

Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mendasar ketika menyangkut sensor utama, mari kita lihat apakah perbedaan perangkat keras zoom lebih berarti. Sekali lagi, gambar full-frame tidak bisa dibedakan. Untuk memperjelas kemungkinan perbedaan, kami telah memangkas sampel zoom yang diambil pada 2x dan 3x. Secara teori, iPhone 12 Pro harus menang di 2x dan Pro Max di 3x.

iPhone 12 Pro – 2x – 100%
iPhone 12 Pro – 2x – 100%
iPhone 12 Pro Max – 2x – 100%
iPhone 12 Pro Max – 2x – 100%
iPhone 12 Pro – 2x – 100%
iPhone 12 Pro – 2x – 100%
iPhone 12 Pro Max – 2x – 100%
iPhone 12 Pro Max – 2x – 100%

Dalam pencahayaan yang baik, jelas bahwa iPhone 12 Pro yang lebih murah menang 2x. Itu berkat penggunaan sensor telefoto pada tingkat zoom ini. Peningkatan dari sensor utama menghasilkan hasil yang bagus pada full-frame untuk 12 Pro Max juga. Namun, gambar pertama tidak bertahan dengan baik pada pemeriksaan yang cermat. Terlepas dari perbedaan detail, keduanya sangat dekat untuk warna, pencahayaan, dan rentang dinamis.

Meskipun demikian, zoom telefoto iPhone 12 Pro tidak berfungsi dengan baik dalam kondisi mendung cahaya rendah. Detail antara kedua ponsel pada dasarnya identik. Namun, Pro Max terlihat sedikit lebih gelap tetapi lebih berwarna di sini. Saya ingin tahu apakah ini hasil fusi gambar dari rentang dinamis yang lebih besar dari sensor utama yang dikombinasikan dengan nada yang lebih gelap dari aperture lensa zoom yang lebih sempit.

iPhone 12 Pro – 3x – 100%
iPhone 12 Pro – 3x – 100%
iPhone 12 Pro Max – 3x – 100%
iPhone 12 Pro Max – 3x – 100%
iPhone 12 Pro – 3x – 100%
iPhone 12 Pro – 3x – 100%
iPhone 12 Pro Max – 3x – 100%
iPhone 12 Pro Max – 3x – 100%

Beralih ke 3x, kami memang melihat iPhone 12 Pro Max memimpin dalam cahaya yang baik berkat sensor telefoto 2.5x-nya. Sekali lagi warna, eksposur, dan white balance cocok di antara kedua ponsel. Namun demikian, Pro Max mendorong ke depan pada detail pada tingkat zoom ini. Ini semakin memperluas petunjuk kecil ini pada rentang yang lebih panjang, tetapi Anda harus memotong untuk benar-benar memperhatikan peningkatannya.

Ini sama pada contoh cahaya bawah. Detailnya sangat mirip, dengan sedikit keunggulan untuk iPhone 12 Pro Max pada zoom 3x ini. Yang lebih jelas adalah perbedaan dalam pemrosesan dan pencahayaan warna. Sama seperti bidikan 2x, tampilannya sedikit lebih dinamis pada model yang lebih mahal. Meskipun sekali lagi, ini hanya terlihat saat memotong untuk tampilan yang sangat dekat.

Secara keseluruhan, kedua ponsel lebih mirip daripada perbedaan saat memperbesar, terutama dalam pencahayaan yang baik. Ada sedikit keunggulan untuk model Max dalam contoh cahaya rendah kami di sini, tetapi model Pro menang 2x dalam pencahayaan yang baik. Pada akhirnya, Anda benar-benar harus memeriksa detail kecil untuk membedakan keduanya. Kebanyakan bidikan full-frame tidak dapat dibedakan di antara keduanya.

Tes kamera iPhone 12 Pro Max vs iPhone 12 Pro: Kesimpulan

Apple-iPhone-12-Pro-vs-iPhone-12-Max-camera

Di seluruh pilihan sampel kami, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max keduanya hampir mirip satu sama lain. Terlepas dari perbedaan perangkat kerasnya yang kecil, perangkat lunak Apple memastikan bahwa eksposur, warna, keseimbangan putih, dan rentang dinamis cocok di seluruh handset tingkat premiumnya. Satu-satunya perbedaan yang dapat kami lihat adalah peningkatan yang sangat kecil pada detail model iPhone 12 Pro Max. Mereka muncul saat memotret dalam cahaya redup dan zoom jarak jauh. Namun, bahkan di sini Anda harus menegangkan mata untuk melihat perbedaan.

Pada dasarnya tidak ada perbedaan kualitas antara pengaturan kamera Apple.

Konsistensi di seluruh produk itu bagus dan kami ingin melihat lebih banyak lagi di ruang Android. Ini memastikan bahwa seluruh jajaran berkinerja seperti produk papan atas, bahkan jika Anda tidak menginginkan layar besar. Namun, hal ini menimbulkan pertanyaan, mengapa Apple repot-repot dengan sensor yang lebih besar dan lensa telefoto yang berbeda, mengingat hanya ada sedikit manfaat, jika ada, untuk kamera Max? Berdasarkan jepretan hasil foto, ponsel yang lebih besar sebenarnya tidak lebih baik dari saudaranya yang lebih kecil. Oleh karena itu, Anda dapat dengan aman menyimpan $ 100 itu.

Mungkin masih ada lagi yang bisa diperoleh dari sensor yang lebih besar saat melewati lapisan perangkat lunak Apple saat memotret dalam format ProRAW. Namun, itu adalah sesuatu yang harus kami uji di lain hari.

Related posts

Leave a Comment