Sejumlah Akun Twitter Tokoh Ternama Diretas untuk Promosi Bitcoin

akun twitter tokoh ternama diretas

Sosial media Twitter saat ini tengah menjadi perbincangan banyak orang setelah terjadinya peretasan besar-besaran yang mana mengakibatkan sejumlah akun Twitter tokoh ternama diretas untuk digunakan sebagai sarana promosi Bitcoin.

Seandainya kalian saat ini tengah berjelajah di Twitter, kalian akan menemukan beberapa akun Twitter petinggi teknologi atau sejumlah tokoh ternama lainnya membuat sebuah tweet yang mengiklankan bitcoin.

Diduga bahwa ini adalah peretasan akun Twitter sehingga beberapa akun tokoh ternama diambil alih dan memberikan suatu link penipuan berkedok bitcoin.

Seperti yang dilansir oleh laman Ubergizmo, beberapa akun telah diretas dan diambil alih, mulai dari Uber, Apple, Bill Gates, Jeff Bezos, Warren Buffet, Barack Obama dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Shortcut di Photoshop CS6 yang Bisa Kalian Coba

Dan ternyata, peretasan tersebut membuat si akun yang terkena retasan membuat suatu tweet iklan hadiah bitcoin dari satu akun ke akun lainnya.

Mengetahui hal tersebut, Twitter pun merespon dalam suatu pernyataan yang mengatakan, “Kami mengetahui adanya insiden kemanan yang memengaruhi akun di Twitter. Kami tengah menyelidiki dan mengambil langkah lanjut untuk memperbaikinya,”

Diduga bahwa pelaku peretasan memperoleh USD 100.000 selama beberapa jam pertama selama mengambil alih akun Twitter.

akun twitter tokoh ternama diretas 1
CISSReC

Berkaitan dengan masalah tersebut, pakar keamanan siber, Pratama Persadha telah mengungkap bahwa pertasan ini merupakan peristiwa Zero Day Exploit. Ini terjadi karena adanya celah keamanan yang dimanfaatkan oleh si peretas serta memiliki dampak cukup masif dan berbahaya.

Baca Juga :  SelfieBot, Robot Khusus Traveler Doyan Selfie

“Dilihat dari tweet-nya, kemungkinan besar ada celah keamanan yang dieksploitasi oleh si peretas. Bisa dari aplikasi pihak ketiga dan sebagainya,”

“Artinya, jika celah keamanan tersebut disebarluaskan, korbannya nanti bisa bertambah dan di Indonesia juga bisa terkena dampaknya.” ucap Chairman Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC.

Tentu ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, pasalnya Twitter milik Bill Gates dan sederet tokoh ternama lainnya juga sudah dilakukan verifikasi (centang biru). Dan ternyata, bukan hanya menyerang para tokoh saja, melainkan juga akun mata uang crypto pun menjadi target kejadian serupa.

“Asumsi terburuknya adalah ada kemungkinan si peretas sudah memiliki seluruh database akun Twtter. Oleh karena itu, sebaiknya segera mengganti password Twitter saat ini juga,” sarannya.

Baca Juga :  Ini Dia Penampakan Ponsel Lipat Baru Samsung

Melihat hal tersebut, ada baiknya untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor melalui SMS. Kalian bisa mengaktifkannya di Twitter melalui menu setting. Meskipun tidak memberi jaminan 100% aman, setidaknya langkah tersebut bisa membuat akun kita jadi jauh lebih aman dibanding sebelumnya.

Bagaimana tanggapan kalian terkait fenomena akun Twitter tokoh ternama yang diretas untuk promosi bitcoin tersebut?

Related posts

Leave a Comment