Aplikasi Edit Foto Gratis Terbaik Selain Photoshop di Tahun 2022

aplikasi edit foto gratis terbaik selain Photoshop

Photoshop sejauh ini merupakan aplikasi edit foto terbaik yang banyak digunakan. Akan tetapi, adakah aplikasi edit foto gratis terbaik selain Photoshop? Well, kali ini kami akan membahas mengenai hal tersebut.

Kebanyakan orang maupun bisnis akan menggunakan perangkat lunak atau software edit foto pada beberapa titik dalam hidup mereka, baik itu untuk membuat grafik dan juga memodifikasi foto sesuai keinginan mereka.

Photoshop telah lama menjadi alat bantu untuk segala hal yang berhubungan dengan pengeditan foto karena serangkaian fitur dan memiliki daya tarik yang luas di kalangan editor.

Namun, beberapa pengguna menjadi tidak puas dengan harga mahal Photoshop, sehingga mereka kesulitan ketika hendak menggunakan aplikasi tersebut untuk memproses sebuah foto. Selain itu, langganan Photoshop bukanlah pembelian satu kali untuk selamant, karena alasan tersebut juga orang-orang banyak mencari aplikasi alternatif Photoshop gratis terbaik.

Bagi kalian yang belum tahu, Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak grafis yang sangat hebat, ada beberapa alasan mengapa kalian harus belajar Photoshop – namun tidak banyak orang yang mampu membayar harganya yang lumayan tinggi, sehingga kebanyakan mencari aplikasi alternatif edit foto terbaik yang disediakan secara gratis.

Sekarang, aplikasi gratis ini mungkin tidak seprofesional Photoshop, namun sangat cukup untuk memenuhi sebagian besar fungsi Adobe Photoshop. Kalian juga akan merasa senang ketika menggunakannya, karena sebagian besar aplikasi ini memiliki UI sederhana dan tidak memakan banyak RAM untuk dijalankan.

Meskipun Adobe menyediakan versi gratis Photoshop yang disebut Photoshop Express sebagai pengeditan foto dasar, namun dari segi fitur yang disajikan pada aplikasi gratisnya, Adobe masih ketinggalan jauh dari pesaing Photoshop tertentu.

Untungnya, pada artikel ini kami akan membahas beberapa aplikasi alternatif Photoshop gratis terbaik untuk kita gunakan pada tahun 2022, kami juga menjelaskan deskripsi terperinci tentang aplikasinya.

Alternatif Photoshop Gratis Terbaik di PC

aplikasi edit foto gratis terbaik selain Photoshop

Baca Juga: Cara Mengatasi SSD Tidak Muncul di Disk Management Windows 11 / 10

Mencari aplikasi edit foto gratis terbaik selain Photoshop? Kami memiliki beberapa diantaranya mulai dari:

  • GIMP
  • Krita
  • Photopea
  • Pixlr Editor
  • PhotoScapeX
Baca Juga :  Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android

Sekarang, mari kita bahas secara detail mengenai aplikasi edit foto gratis terbaik selain Photoshop di tahun 2022 di atas.

a. GIMP

aplikasi edit foto gratis terbaik selain Photoshop

Alternatif Photoshop gratis terbaik yang bisa kalian gunakan adalah GNU Image Manipulation Program (GIMP). GIMP merupakan sebuah editor gambar open-source yang canggih dengan fitur dan tools editing yang sudah advanced.

Tools ini termasuk painting tools, gradient retouching, custom brushes, patterns, dan masih banyak lagi. Kalian juga harus tahu bahwa aplikasi open source seperti ini selalu mendapatkan peningkatan konstan dan perbaikan bug, jadi kalian tidak akan menemukan masalah ketika menggunakannya.

Aplikasi ini beriskan hampir semua komponen editing foto yang kita perlukan. Selanjutnya, mereka merancang aplikasi untuk mengaktifkan Plugin dengan kemampuan yang lebih baik,, plugin ini dibuat sendiri oleh sang pengembang dan seorang seniman tingkat tinggi. Pastinya kita sangat beruntung karena ada lebih dari 100 plugin sudah kompatibel dengan software-nya. Tidak lupa, kalian juga dapat melakukan undo / redo selama berkali-kali.

Juga, GIMP adalah raster photo editor yang menghadirkan tools ekstraksi latar depan atau foreground, quickmask, dan transformational.

Gif, jpeg, psd, bmp, png, ps, pm, tiff, dan banyak format file gambar lainnya semuanya bisa diolah pada program ini secara gratis. Tidak ada batasan pada GIMP, mengingat software ini kompatibel dengan Windows, Mac OS, dan Linux.

b. Krita

aplikasi edit foto gratis terbaik selain Photoshop

Krita adalah aplikasi editor foto profesional terbaik lainnya yang bisa kita gunakan sebagai alternatif Photoshop. Perangkat lunak pengedit gambar ini memiliki tata letak yang sangat intuitif dan mencakup banyak hal ketika berbicara mengenai fitur di dalamnya. Kita dapat menyesuaikan interface aplikasi untuk mengakses tools di platform tersebut dengan cara yang kita inginkan.

Selain itu, perangkat lunak ini memiliki tools animasi yang luar biasa, serta mempunyai painting brushes yang luas untuk desain gambar.

User Interface merupakan faktor penting bagi suatu aplikasi editing, mengingat itu semua sangat berpengaruh ketika kita hendak memilih tools yang akan digunakan, dan sejauh ini UI Krita sangat nyaman ketika dioperasikan.

Krita juga merupakan aplikasi yang sangat stabil; namun, mungkin kalian akan mengalami sedikit kesulitan ketika pertama kali menggunakannya. Namun setelah terbiasa, kalian pastinya dapat merasakan bahwa aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Baca Juga :  10 Kode Rahasia Android yang Harus Diketahui

Di sini, kalian akan mendapatkan paket lengkap editor foto, karena aplikasi tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari 3D texturing, pixel art, digital painting, dan beberapa hal lainnya.

Krita sendiri memiliki menu popup yang memungkinkan kita untuk memilih color rings dengan mudah. Untuk lebih spesifik, software ini berisikan semua hal yang kita perlukan untuk memanipulasi gambar, dan semua fitur ini ditawarkan secara gratis. Ditambah, aplikasi ini tergolong sangat ringan.

c. Photopea

alternatif photoshop

Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran File Foto dengan Mudah dan Sederhana

Photopea adalah satu-satunya program, yang dari sudut pandang desain interface, bekerja seperti Photoshop dan dapat melakukan hampir semua hal yang biasa kita lakukan di aplikasi Photoshop.

Jadi, jika kalian terbiasa dengan Photoshop, membiasakan diri dengan Photopea tidak akan menjadi masalah besar. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai editor web di perangkat apa pun, dan di sistem operasi apa pun.

Program editing tersebut menawarkan katalog tools lengkap untuk pengeditan foto, bukan hanya bagus untuk edit foto, namun juga untuk desain grafis tingkat lanjut maupun konversi format gambar bisa kita lakukan pada aplikasi ini.

Photopea dapat bekerja dengan baik untuk vector dan juga raster graphic, yang mana hal ini membuatnya menonjol di antara beberapa aplikasi alternatif photoshop gratis terbaik lainnya.

Selain itu, Photopea tidak perlu kita unduh terlebih dahulu, sehingga tidak akan memengaruhi memori perangkat kita karena hanya berjalan sebagai aplikasi lokal saja. Meskipun demikian, kita butuh akses internet untuk menjalankannya, namun kalian bisa saja memutuskan koneksi internetnya saat mengedit.

Photopea berfungsi di semua browser, termasuk Chrome, Microsoft Edge, Mozilla, dan lainnya. Hanya saja, kalian harus siap dengan munculnya beberapa iklan, kecuali jika kalian mengeluarkan sedikit kocek uang untuk berlangganan (ini opsional, ya, kawan-kawan). Langsung saja ke halaman Photopea untuk mencobanya.

d. Pixlr Editor

alternatif photoshop

Pixlr adalah aplikasi editor foto gratis berbasis cloud yang memungkinkan siapa saja untuk membuat, memanipulasi, dan menyempurnakan gambar. Ini merupakan program three-suite editor yang sangat jarang ditemukan, namun sangat cocok untuk siapa saja yang mencari alternatif Photoshop gratis terbaik di tahun 2022.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Klik Kanan

Sama halnya seperti Photopea, Pixlr ini berbasis web dan memiliki interface yang bisa dibilang hampir mirip dengan Photoshop.

Meskipun tergolong baru, software ini kaya akan fitur, dan kalian dapat menggunakannya untuk segala jenis desain. Kalian bisa menggunakan brushes, illustrations, dan shapes untuk membuat desain indah.

Selain hal di atas, Pixlr memiliki beberapa fitur canggih lainnya, layaknya tools penghapus latar belakang dan tools animasi. Semua ini sangat mudah digunakan bahkan dipermudah dengan tersedianya template desain.

Pixlr Editor dapat menghemat banyak waktu, sehingga sangat kami rekomendasikan untuk desain gambar yang cepat. Selain itu, program ini mampu meng-edit gambar berkualitas tinggi dan dapat diakses melalui ponsel.

Aplikasi edit foto pengganti Phoshop ini gratis untuk digunakan, dan kalian tidak perlu membuat akun terlebih dahulu.

Kalian bisa langsung masuk halaman Pixlr untuk mengaksesnya.

e. PhotoScape X

alternatif photoshop

Jika kalian mencari alternatif Photoshop gratis yang bekerja dengan baik di Mac dan Windows, PhotoScape X adalah pilihan yang baik. Meskipun aplikasi editor ini ditujukan untuk para desainer kelas menengah, namun PhotoScape X juga dapat digunakan untuk para desainer profesional. Selain itu, program ini cukup mudah digunakan.

Dengan rangkaian basic tools PhotoScape, kalian bisa sepenuhnya menyesuaikan foto di desktop kalian. Gaya minimalis aplikasi ini menjadikannya sangat populer, dan sangat cocok bagi siapa saja yang ingin melakukan editing gambar yang cepat dan mudah. Kalian juga dapat membuat animasi GIF dan mengonversi foto RAW dengan aplikasi ini.

PhotoScape X memiliki fitur penyesuaian otomatis guna menciptakan hasil akhir yang sangat baik untuk gambarnya. Di PhotoScape, kalian dapat menempelkan file gambar dari clipboard, sehingga hal ini akan memudahkan kita ketika hendak meng-import suatu file.

Selain itu, software tersebut memiliki tools screenshot bawaan. Meskipun versi berbayar dari program yang disebut PhotoScape X Pro tersedia untuk editing gambar yang lebih canggih, namun kalian masih dapat memaksimalkan hasil editing di versi gratisnya.

Semoga, artikel Aplikasi Edit Foto Gratis Terbaik Selain Photoshop di Tahun 2022 ini bisa membantu kalian dalam mencari software yang cocok untuk menyelesaikan pekerjaan editing kalian. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Comment