Buat Filter Instagram Kamu Sendiri dengan Spark AR Studio

Buat Filter Instagram

Instagram, sebuah media sosial yang sangat populer dikalangan remaja saat ini. Terlebih lagi dengan adanya Fitur Filter Insta-Stories yang bisa kamu gunakan sepuasnya. Kamu pasti pernah menjumpai orang yang membuat Game FlappyBird di Instagram dengan cara mengedipkan matanya sebagai control? atau mungkin kamu juga pernah memainkan Game Truth Or Dare yang bahkan dimainkan oleh para artis di Tanah Air. Itu semua berkat fitur instagram yang berupa filter. Lalu bagaimana jika kamu mau buat filter Instagram sendiri?

Bagaimana cara membuat Filter di Instagram?

Instagram secara Official telah memperkenalkan software bernama Spark AR Studio sebagai alat user untuk berkreasi dengan Insta-Stories yang user buat. Akan lebih mudah dalam menggunakan software ini jika kamu sudah familier dengan dunia Design. kamu wajib untuk mencobanya.

Baca Juga :  Boruto Episode 135 Rencananya Akan Digarap oleh Animator Terkenal Naruto

Saat ini, para kreator filter AR berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari Desainer Profesional hingga orang-orang yang sekedar memiliki hobi Desain saja.

berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan Spark AR Studio.

#1 Login Ke Spark AR Studio

Untuk bisa menggunakan Spark AR Studio ini, kamu harus masuk Software nya terlebih dahulu. Lalu login dengan menggunakan akun Facebook yang sudah terhubung dengan akun Instagram yang terkait di Ponselmu

#2 Siapkan Obyek berupa Gambar atau Topeng tanpa Background

Setelah Login, kamu perlu menyiapkan juga sebuah obyek berupa gambar. Kebanyakan kreator membuat Topeng untuk bahan projeknya. Disarankan menggunakan gambar yang berformat PNG.

Setelah melakukan dua hal tersebut silahkan buka Software Spark AR Studio nya dan kemudian klik tombol Create Project. Saat sebuah projek baru telah terbuat, kamu akan menjumpai tab bagian scene di sebalah kiri layar software.

Baca Juga :  Spoiler Manga One Piece Chapter 977

Setelah itu klik tombol Add Object dan kemudian pilih Face Tracker, Fitur Face Tracker inilah yang akan mendeteksi posisi dan orientasi wajah pengguna ketika menggunakan filter nantinya.

Selanjutnya klik Insert , setelah di klik maka kamu akan menjumpai sebuah objek baru bernama faceTracker0 dibagian scene. klik kanan di objek baru itu dan kemudian pilih Add.

Buat Filter Instagram
Image : gadgetren

Pilih Face Mesh untuk menambahkan model 3D yang nantinya akan merespon ekspresi wajah yang dilacak oleh Face Tracker.

Buat Filter Instagram
Image : gadgetren

Selanjutnya kamu bisa menambahkan material atau Gambar PNG yang sudah kita siapkan sebelumnya kedalam Face Mesh. untuk caranya kalian klik pada bagian facemesh0 yang tedapat pada bagian Scene, kemudian beralihlah kebagian Inspector ( Menu yang tampil disebelah kanan).

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Emailnya Sudah Diganti

Pada bagian Inspector tersebut, kamu cari menu Material , setelah itu kalian klik tombol plus (+) yang ada di sebelahnya. nanti Secara otomatis akan muncul aset bernama material0 bagian Assets yang terletak dibawah Scene.

Buat Filter Instagram
Image : gadgetren

Kemudian, Simpan Projek yang telah kalian buat tersebut dengan nama yang kamu inginkan. untuk mencobanya kamu bisa menekan tombol Send lalu pilih Send To App.

Buat Filter Instagram
Image : gadgetren

Setelah itu, klik tombol Send to Insagram camera dan tunggu proses nya hinga keluar notifikasi selesai.

Ketuk notifikasimu untuk membuka filter yang berhasil kamu buat, lalu gunakan filter tersebut untuk membuat Stories seperti biasa.

Dan lagi kamu juga bisa mengunggahnya ke Spark AR Hub untuk menerbitkan nya di instaram, jika filtermu memenuhi Syarat , maka semua pengguna Instagram bisa menggunakan nya.

Dan begitulah cara buat filter instagram dengan kreasi kamu sendiri.

Related posts

Leave a Comment