Cara Cek Kecepatan SSD Laptop dan PC

cara cek kecepatan ssd

Cara cek kecepatan SSD Laptop dan PC bisa dibilang sangatlah mudah. Beberapa diantara dari kalian mungkin belum tahu, bahwa meskipun kecepatan SSD lebih baik ketimbang HDD, namun ternyata kecepatan dari SSD di tiap merknya berbeda-beda.

Ketika kami mengatakan SSD lebih cepat, itu karena SSD memiliki kecepatan read/write yang lebih baik dibandingkan HDD. Saat kalian menulis data ke SSD atau saat kalian membaca data (mengakses file), OS kalian dapat menemukan dan menampilkannya file tersebut jauh lebih cepat ketimbang saat menggunakan HDD.

Apabila kalian ingin melihat kecepatan SSD yang digunakan, cara cek kecepatan SSD laptop dan PC yang akan kami bagikan ini bisa kalian coba di rumah, yakni dengan bantuan program pihak ketiga.

Baca Juga :  Cara Mengatasi iPhone yang Tiba-Tiba Tidak Ada Suaranya

Cara Cek Kecepatan SSD di Task Manager

cara cek kecepatan ssd 1
Tampian kecepatan SSD di Task Manager

Baca Juga: Cara Upload Video ke Google Forms

Pada Windows 10, Task Manager dapat memberi kalian gambaran tentang kecepatan read/write disk yang digunakan. Ini juga bisa kalian lakukan baik untuk HDD maupun SSD.

Untuk menggunakan Task Manager guna menemukan kecepatan read/write SSD, kalian harus terlebih dahulu menemukan file besar, sebaiknya 1GB. Kalian harus menyalin file tersebut dari satu lokasi ke lokasi lain di SSD kalian.

Ketika file dalam proses disalin, buka Task Manager dan tekan tab Performance. Pilih Disk dari kolom di sebelah kiri dan lihat di bawah grafik kinerja untuk kecepatan Read dan Write.

Baca Juga :  Cara Memainkan Game Mobile Android dengan Controller atau Stik PS4

Kecepatan yang dilaporkan Task Manager adalah perkiraan kasarnya. Screenshot di atas memperlihatkan kecepatan untuk waktu tertentu, dan kecepatannya dapat bervariasi tergantung pada apa yang dilakukan pada sistem kalian.

Cara Cek Kecepatan SSD di AS SSD Benchmark

cara cek kecepatan ssd 2
Tampian kecepatan SSD di AS SSD Benchmark

Untuk pengujian yang lebih akurat, gunakan aplikasi bernama AS SSD Benchmark. Ini adalah aplikasi gratis yang dapat memberi kalian hasil read/write SSD yang lebih akurat.

Kalian bisa langsung saja unduh dan jalankan aplikasinya. Setelahh itu langsung test menggunakan AS SSD Benchmark. Klik tombol Mulai di bagian bawah dan biarkan aplikasi menyelesaikan keempat tes yang dijalankannya. Proses ini akan memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikannya.

Tes “Seq” adalah hasil kecepatan read/write SSD kalian. Sementara tes lainnya adalah tes 4K block secara acak, tes untuk kecepatan ketika aktivitas disk didistribusikan di 64 thread, dan terakhir merupakan tes untuk waktu akses.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10

Menggunakan empat tes ini, aplikasi tersebut akan memberi kalian skor untuk seberapa cepat SSD yang digunakan. Namun perlu diingat, hasil dari SSD tergantung pada merk yang digunakan dan usia dari SSD, maka dari itu hasilnya sangat berbeda dengan SSD yang masih baru.

Itulah cara cek kesehatan SSD Laptop dan PC yang bisa kalian coba. Jika kalian penasara dengan seberapa cepat disk yang digunakan pada Laptop atau Pc kalian, bisa langsung saja menerapkan metode di atas. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Comment