Cara Membedakan HDD dan SSD yang Benar

cara membedakan hdd dan ssd

Cara membedakan HDD dan SSD saat ini bisa dibilang masih belum banyak yang tahu.

Mungkin selama ini yang kita ketahui bahwa penyimpanan yang digunakan oleh komputer adalah Hard Disk Drive, Floppy Drive, Flashdisk Drive dan Disk CD/DVD. Akan tetapi, ada salah satu media penyimpanan yang tengah banyak dibicarakan, yakni SSD.

Sebenarnya, SSD dan HDD itu sama saja. Akan tetapi, data yang disimpan pada SSD tidak melalui magnetik layaknya HDD, melainkan menyimpannya pada chip memory flash yang saling terhubung satu sama lain.

Untuk Flash memory SSD dengan Flashdisk sangatlah berbeda. Chip flash memory yang terdapat pada SSD memiliki kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan Flashdisk. Meskipun kapasitasnya sama, namun harga SSD ini lebih mahal dibanding Flashdisk.

Bagaimana Cara Membedakan HDD dan SSD?

cara membedakan hdd dan ssd 1
Sumber: MakeTechEasier

Terdapat beberapa cara yang digunakan untuk membedakannya, diantaranya.

Dilihat dari Ukuran serta Beratnya

Seperti yang diketahui, bahwa material atau komponen-komponen yang terdapat pada HDD sangat berpengaruh akan besarnya ukuran, dimensi maupun berat dari HDD tersebut.

Hal ini terjadi dikarenakan HDD sangatlah bergantung dengan perputaran platter atau piringan yang ada di dalamnya sehingga HDD memiliki batasan dalam penentuan ukuran bentuknya.

Sedangkan untuk SSD bentuknya dapat dikecilkan atau diatur sebagus mungkin dengan mengikuti zaman. Untuk saat ini, SSD biasanya digunakan untuk sebuah Laptop dengan penyesuaian terlebih dahulu mengenai ukurannya agar dapat pas dengan ukuran laptopnya.

Berdasarkan Kecepatan Read/Write Data

Dalam masalah kecepatan, terdapat sebuah perbedaan yang sangat mencolok. Bahwasanya meskipun ukurannya kecil dan minimalis, ternyata kecepatan SSD ini mampu mencapai 8 kali lebih cepat dari HDD.

Itulah cara membedakannya. Lalu, SSD ini memiliki beberapa keunggulan yang sangat mencolok, yakni.

  • SSD tidak memiliki suhu panas yang sangat tinggi.
  • Konsumsi daya listrik sangatlah kecil.
  • SSD ini tidak berisik karena tidak ada putaran motor dan piringannya.
  • Ukurannya kecil dan mudah untuk dibawa kemana pun.
  • Kecepatannya sangat tinggi dibandingkan dengan HDD.
Baca Juga :  3 Aplikasi Perekam Layar PC Gratis Terbaik

Untuk harga, biasanya SSD ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD. Kira-kira harga per-GB bisa mencapai 9 kali dari harga HDD.

Semoga artikel cara membedakan HDD dan SSD ini bisa bermanfaat bagi kalian!

Related posts

Leave a Comment