Cara Membuat Obrolan dan Mengelola Grup di Telegram

cara membuat grup telegram

Cara membuat grup di Telegram masih sedikit yang mengetahuinya. Grup Telegram sendiri sangat cocok digunakan untuk saling berkomunikasi bersama rekan atau keluarga kita. Ditambah, ada banyak fitur yang bisa kita manfaatkan di dalamnya.

Sama seperti grup WhatsApp, di grup Telegram ini kalian juga dapat mengirimkan gambar, dokumen dan masih banyak lagi.

Sebenarnya fitur-fitur yang ada di Telegram lebih menarik ketimbang WhatsApp, hanya saja masih sedikit orang yang mengetahuinya.

Apa Itu Telegram?

cara membuat grup telegram 1

Telegram merupakan aplikasi layanan berkirim pesan instan gratis yang bisa gunakan di smartphone maupun desktop dan dapat diunduh secara gratis. Selain itu, berkas yang kalian kirim di Telegram bakal disimpan secara permanen, sehingga kalian dapat mengunduhnya kembali suatu hari nanti.

Kelebihan Grup Telegram

cara membuat grup telegram 2

Grup Telegram tawarkan fitur yang lebih lengkap ketimbang WhatsApp. Pasalnya, di Telegram kalian dapat menampung hingga 200.000 anggota. Selain itu, kalian juga bisa mengatur apakah grup tersebut tersedia untuk publik atau pribadi, tergantung pengaturan yang kalian terapkan.

Cara Membuat Grup di Telegram Terbaru 2021

cara membuat grup telegram 3

Baca Juga: Perbedaan Processor Intel dan AMD

Cara membuat grup di aplikasi instant message satu ini sangatlah mudah. Kalian bisa langsung saja mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Tekan menu Grup Baru
  • Pilih kontak yang akan kalian tambahkan ke dalam grup
  • Tekan icon panah yang berada dibagian bawah
  • Masukkan nama grup di kolom yang disediakan
  • Selanjutnya, tambahkan foto grupnya, lalu tekan centang
  • Sekarang, grup kalian pun berhasil dibuat

Cara Mengundang Orang Ke Grup

telegram

Setelah berhasil membuat grup tadi, sekarang tugas kalian adalah mengundang orang lain untuk ikut gabung ke dalam grup kalian.

Untuk mengundang orang, kalian bisa memanfaatkan invitation link atau tautan undangan yang bisa ditemukan di bagian profil grup, nantinya kalian akan menemukan “Invite Links” yang mana itu merupakan tautan grup kalian. Untuk tautan grup, kalian bisa mengaturnya apakah tautan yang dibagikan itu bersifat permanen atau sementara.

Cara Mengelola Grup Telegram

telegram 1

Baca Juga: Software Edit Video Gratis untuk PC

Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan ketika hendak mengelola grup, yakni mengubah foto serta nama grup, dan mengganti privasi grup. Berikut langkahnya:

Cara Mengubah Nama dan Foto Profil Grup Telegram

  • Buka grup kalian
  • Tekan nama grup
  • Kemudian tekan icon pensil lalu masukkan nama grup baru yang kalian inginkan
  • Untuk mengganti foto, kalian bisa langsung menekan icon kamera dan cari foto yang cocok untuk grup kalian
  • Terakhir, simpan perubahan

Cara Mengubah Privasi Grup Telegram

Untuk mengubah privasi grup, kalian bisa dengan mudah menemukannya di pengaturan grup. Ada dua opsi yang bisa kalian pilih, diantaranya:

  • Public Group: Ini adalah pengaturan agar grup yang kalian buat bisa diakses dan semua orang bisa bergabung dengan mudah. Selain itu, grup kalian juga akan muncul jika seseorang memasukkan username grupnya.
  • Private Group: Pengaturan private grup, membuat akses jadi lebih dibatasi, dan juga hanya anggota yang diundang ke grup saja yang dapat mengaksesnya.

Seperti yang kalian lihat, cara membuat obrolan grup di Telegram sangatlah mudah dilakukan. Bahkan untuk pengelolaannya juga tidak terlalu rumit. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Comment