Cara Menambah VRAM Laptop Windows 10

cara menambah vram laptop windows 10

Video Random Access Memory atau VRAM adalah memori yang ada pada salah satu komponen video card dan berfungsi untuk menyimpan data sementara. Kapasitas VRAM yang terlalu rendah akan membuat Anda tidak nyaman karena ketika ingin menyimpan banyak file, akan sering muncul peringatan. Ternyata, ada cara menambah VRAM laptop Windows 10 yang cukup mudah untuk dilakukan.

Cara Menambah VRAM Laptop Windows 10

Perlu diketahui bahwa memori virtual yang rendah harus ditingkatkan ukuran minimum file paging-nya. Sistem operasi Windows biasanya mengalokasikan ukuran minimum awal file paging sama dengan jumlah memori akses acak (RAM) laptop, sedangkan ukuran maksimumnya sama dengan tiga kali dari RAM.

Jika suatu saat tiba-tiba menerima peringatan dari laptop, lebih baik Anda mengubah tingkat minimum dan maksimum dari memori virtual ini. Cara mengubahnya bisa Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

cara menambah vram laptop windows 10 1

  1. Buka File Explorer

Langkah pertama untuk mulai menambah VRAM laptop Windows 10 adalah membuka File Explorer. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Cara pertama adalah dengan menekan tombol Windows + E secara bersamaan dan otomatis File Explorer akan akan terbuka. Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan klik pada ikon File Explorer yang terdapat pada sisi kiri bawah layar laptop.

  1. Buka My Computer

Cara menambah VRAM laptop Windows 10 berikutnya adalah membuka folder My Computer yang ada di sisi kiri layar laptop. Setelah masuk ke folder My PC (atau My Computer), klik kanan pada ruang kosong. Lanjutkan dengan memilih Properties dari daftar opsi yang tersedia.

  1. Buka Pengaturan Sistem Lanjutan

Kemudian, pada pilihan Properties tadi, klik Pengaturan Sistem Lanjut yang ada di sisi kiri layar. Jika laptop memerlukan akses administrator, tekan OK dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

  1. Buka Tab Advance

Di dalam Pengaturan Sistem Lanjutan tersebut, Anda akan melihat beberapa pilihan menu, salah satunya adalah tab Advanced. Pilih menu tersebut sehingga akan terbuka tab lain yang tersedia di bagian atas layar.

  1. Klik Tombol Pengaturan

Setelah Tab Advanced terbuka, lanjutkan dengan klik Pengaturan yang ada di bawah label Performance. Jika masalahnya ada pada laptop/notebook, Anda harus mencoba menggunakan perangkat lunak Reimage Plus. Perangkat ini dapat memindai repository dan mengganti file yang rusak dan hilang. Dengan cara ini, Anda dapat mengatasi banyak kasus, misalnya sistem yang rusak.

  1. Kembali ke Tab Advanced

Setelah mengeklik Pengaturan, akan ada navigasi ke pengaturan kinerja. Klik tab jendela Advanced di bagian atas yang sebelumnya sudah dibuka. Di dalam tab Advanced ini, akan muncul beberapa menu pilihan.

  1. Klik Change

Langkah selanjutnya dari cara menambah VRAM laptop Windows 10 adalah pilih menu Change pada tab Advanced. Caranya dengan mengeklik tombol Change yang letaknya ada di bawah sub-heading Virtual Memory. Selanjutnya, akan dinavigasi ke menu lain. Hapus centang pada baris pertama yang Anda akan mengatur ukuran file paging untuk semua drive secara otomatis.

Tetap ingat parameter pengaturan memori virtual, yaitu jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Jika ukuran awal sangat kurang, maka mungkin masalah tidak akan terselesaikan. Sebaliknya, pengaturan memori terlalu ekstra juga tidak berarti lebih baik. Untuk itu, perhitungkan jumlah optimal yang dibutuhkan oleh laptop, yaitu dengan melebihkan sedikit dari yang dibutuhkan.

  1. Simpan Perubahan

Untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan, silakan klik  tombol Set. Setelah selesai, keluarlah dari tab pengaturan advanced tadi, dan restart laptop. Untuk melihat efek perubahannya, cobalah mengunduh beberapa file dan lihat apakah masih muncul peringatan tentang memori. Jika sudah tidak ada, berarti masalah VRAM laptop sudah beres. Namun, jika masih ada peringatan, ulangi langkah-langkah di atas.

Itulah cara menambah VRAM laptop Windows 10 yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah saat akan men download file. Semoga dengan cara-cara di atas dapat membantu beberapa masalah mengenai penyimpanan file yang ada.

Related posts

Leave a Comment