Cara Mengaktifkan Kontrol Suara di Android, dan Membuat Google Mencari atau Membuka Aplikasi dengan Suara

cara-mengaktifkan-kontrol-suara-android

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kontrol suara di Android dengan mudah yaitu : melalui aplikasi Google, dan melalui aplikasi Voice Access.

Ada berbagai alasan mengapa kita mungkin perlu menggunakan kontrol suara di perangkat Android kita. Mungkin kita sedang mengemudi dan perlu menjaga tangan kita pada stir mobil, atau mungkin ketika kita sedang males pegang hape wkwk.

Tetapi tenang saja, handphone atau tablet dengan sistem Android menawarkan fitur kontrol suara yang membuat kita lebih mudah untuk menavigasi perangkat kita.

Berikut ini adalah dua cara mengaktifkan kontrol suara pada perangkat Android dengan mudah.

Baca Juga :  Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android

Cara mengaktifkan kontrol suara Android menggunakan aplikasi Google

Pertama, kita bisa menggunakan aplikasi Google. Ini akan memungkinkan kalian melakukan pencarian Google dengan suara kalian.

1. Unduh aplikasi Google kemudian buka, lalu pilih tiga titik kecil di sudut kanan bawah.

2. Pilih “Pengaturan” lalu pilih “Suara.”

3. Pilih “Voice Match” dan kemudian alihkan sakelar dengan “OK Google” ke kanan.

cara-mengaktifkan-kontrol-suara-android 1

Kalian sekarang bisa melakukan pencarian dengan mengatakan “Hei, Google” atau “OK Google” (tergantung pada perangkat kalian masing-masing) diikuti dengan perintah. Misalnya, coba katakan “OK Google, cari Lotech Bandung.”

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Instagram Error di Android

Cara mengaktifkan kontrol suara menggunakan aplikasi Voice Access

Kedua, kalian bisa menggunakan aplikasi Voice Access. Ini akan memungkinkan kalian menavigasi menu handphone dan banyak aplikasi lain dengan kontrol suara.

Untuk lebih mengontrol handphone kalian, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi Voice Access dari Play Store. Setelah diinstal, ikuti langkah-langkah untuk mengatur kontrol suara lanjutan kalian:

1. Unduh aplikasi Voice Access .

2. Buka aplikasi Pengaturan bawaan android – (bukan di aplikasi Voice Access) – lalu pilih “Aksesibilitas.”

3. Swipe ke bawah dan pilih “Voice Access.” Di halaman berikutnya, pilih “aktifkan”.

cara-mengaktifkan-kontrol-suara-android 2

Kalian sekarang bisa menggunakan perintah yang sama seperti tadi yaitu “Hei, Google” atau “OK Google”. Kalian dapat menggunakannya juga untuk membuka aplikasi. Misalnya, coba katakan, “OK Google, buka Whatsapp.”

Kalian juga terkadang akan melihat bahwa ketika kalian berbicara dengan handphone kalian, akan ada nomor-nomor atau angka-angka yang muncul. Tenang saja itu bukan sebuah kerusakan atau error. Nomor atau angka tersebut bisa kalian katakan jika ingin memilih fitur atau bagian tersebut pada bagian layar itu dengan suara kalian. Misalnya “Pilih 8”

cara-mengaktifkan-kontrol-suara-android 3

Baca Juga :  4 Cara Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone Sepenuhnya

Related posts

Leave a Comment