Cara Mengatasi Keyboard iPhone Error

cara mengatasi keyboard iphone error 2

Keyboard iPhone error? Cara mengatasi keyboard iPhone error harus segera Anda cari! Namun yang dimaksud keyboard di sini adalah keypad atau layar sentuh iPhone.

Seringkali keyboard iPhone ngelag atau delay saat digunakan mengetik. Utamanya pada iPhone 7 ke bawah yang memang perangkatnya belum seupgrade pada iPhone X ke atas, akan sering mengalami masalah tersebut. Berikut tutorial untuk mengatasinya!

Cara Mengatasi Keyboard iPhone Error

cara mengatasi keyboard iphone error

Bersihkan layar keyboard setiap saat

Keyboard iPhone atau keypad mengalami kondisi delay atau error salah satunya bisa terjadi karena ada kotoran yang menempel pada bagian layarnya. Oleh sebab itu Anda harus membersihkan kotoran tersebut.

Jika terdapat hard case, screen protector atau bumper iPhone perlu Anda lepaskan terlebih dahulu. Setelah Anda lepaskan, kemudian baru Anda siapkan kain halus dan mulai bersihkan layarnya dengan cara mengusapkan kain dari atas ke bawah secara perlahan – lahan sampai tak ada lagi kotoran atau cairan atau pun makanan pada layar sentuhnya.

Baca Juga :  Menurunnya Pendapatan Apple Akibat Virus Corona

Anda perlu tahu bahwa kotoran tidak hanya bisa membuat layar sentuhnya bergerak sendiri, melainkan juga bisa menahan layar sentuhnya hingga mengakibatkan delay. Begitu juga dengan tangan atau pena yang digunakan pada touchscreen iPhone. Oleh sebab itu pastikan layar iPhone Anda selalu bersih.

Bersihkan secara rutin dan alangkah baiknya ketika dalam membersihkan layar iPhone dikondisikan agar iPhone dalam keadaan mati.

Reboot iPhone

cara mengatasi keyboard iphone error 1

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di App Store

Cara untuk reboot iPhone sebenarnya sangat mudah. Akan tetapi pada setiap model atau seri iPhone cara rebootnya berbeda – beda. Bahkan reboot iPhone tidak hanya dapat mengatasi masalah keyboard yang error saja melainkan juga bisa mengatasi masalah kamera dan speaker yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk iPhone 6 dan mode sebelumnya cara rebootnya adalah dengan tekan tombol home dan power secara bersamaan beberapa detik sampai logo Apple muncul. Sementara bagi pengguna iPhone 7 dan di atasnya, tekan tombol volume down dan power sekaligus beberapa detik sampai logo Apple muncul. Selesai, mudah bukan?

Baca Juga :  iPhone 12 Diluncurkan Apple, Ponsel 5G Terbaru Mulai $699!

Nonaktifkan koreksi otomatis pada iPhone

Keyboard iPhone yang error juga bisa terjadi karena koreksi otomatis atau auto correct yang menyala. Solusinya, Anda coba nonaktifkan terlebih dahulu dengan cara :

  • Masuk pada pengaturan di iPhone Anda
  • Setelah itu klik umum
  • Klik papan ketik
  • Klik koreksi otomatis
  • Jika berhasil, maka kemungkinan iOS Anda akan memiliki suatu bug dan Anda bisa segera melakukan update melalui menu pengaturan, pilih umum, pilih pembaruan perangkat lunak

Update ke iOS terbaru

Jika cara di atas tidak membuahkan hasil, coba update iOS ke versi terbaru jika memang sudah keluar versi terbarunya. Cara updatenya adalah dengan Anda masuk pada menu pengaturan, kemudian Anda pilih umum dan pilih pembaruan perangkat lunak.

Baca Juga :  Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

Cek sisa penyimpanannya

Jika sisa kapasitas ruang simpan pada iPhone sudah hampir habis, pastikan agar Anda membersihkan sampah – sampah pada iPhone agar ada sedikit ruang kosong yang tersisa. Anda harus tahu bahwa penuhnya penyimpanan pada iPhone bukan hanya membuat ponsel dan sistemnya menjadi ngelag, melainkan keypadnya pun atau keyboard iPhone pun akan error.

Oleh sebab itu membersihkan ruang simpan dapat menjadi salah satu cara mengatasi keyboard iPhone error yang perlu dicoba.

Restore iPhone ke pengaturan awal

Terakhir, yang Anda harus lakukan untuk memperbaiki keyboard iPhone yang error atau ngelag adalah dengan merestore iPhone atau mereset secara keseluruhan. Ubah pengaturan ke setelan pabrik melalui iTunes.

Oleh karena aktivitas ini dapat menghilangkan data – data Anda, jadi pastikan sebelum direstore Anda backup terlebih dahulu data – data penting di iPhone Anda.

 

Related posts

Leave a Comment