Cara Mengatasi Mouse Double Klik Sendiri, Gampang Banget!

Cara Mengatasi Mouse Double Klik Sendiri

Ketika bekerja menggunakan laptop atau PC, banyak masalah yang bisa terjadi, salah satunya adalah mouse dobel klik sendiri. Hal ini tentu bisa merepotkan dan mengganggu pekerjaan sehingga harus dicari solusinya. Bagi Anda yang sedang menghadapi masalah ini, simak cara mengatasi mouse dobel klik sendiri dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Cara Mengatasi Mouse Double Klik Sendiri

Sebelum mengetahui cara mengatasi mouse dobel klik sendiri, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab masalah ini. Hal ini perlu karena akan menentukan cara apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

Beberapa penyebab mouse dobel klik sendiri adalah Anda tidak sengaja mengeklik, pengaturan mouse telah diubah, baik secara manual atau menggunakan program tertentu, atau Anda melakukan klik fisik tunggal untuk mengirim perintah multi-klik. Selain itu, bisa juga driver mouse atau perangkat mouse-nya yang rusak. Untuk mengatasinya, cobalah beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Mouse Double Klik Sendiri 1

Dengan Mengubah Speed Mouse ke Slow

Pada cara ini, Anda perlu melakukan setting pada “Mouse Properties” dengan cara mengeklik tombol “Start Windows” yang ada di sudut kiri layar komputer Anda. Pada kolom “search programs and file”, ketikkan kata “mouse”, lalu klik. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara mengatasi mouse dobel klik sendiri berikut.

  • Masuk ke Control Panel, lalu klik “Hardware and Sound”.
  • Klik “Devices and Printers”.
  • Klik kanan pada “USB Optical Mouse”.
  • Pilih “Mouse Settings”.
  • Ubah “Speed” pada mouse menjadi “Slow”.
  • Klik OK.

 

Dengan Menggunaan Software MouseFix

Pada cara kedua ini, Anda perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Download software MouseFix
  2. Lakukan ekstraksi hasil unduhan tersebut, lalu simpan dalam folder C: ProgamFilesMouseFox.
  3. Buat shortcut untuk “MouseFix.exe:” dalam folder Startup Windows dari menu Start. Anda juga bisa mem-paste shortcut-nya di folder file C: UsersAnonymousAppDataRoamingMicrosoftWindowsStartMenuProgramsStartup.
  1. Klik kanan pada shortcut tersebut, pilih “Properties”, lalu edit kolom target yang tadinya “C:ProgramFilesMouseFixMouseFix.exe” menjadi “C:WindowsSystem32cmd.exe/cstart””/B/REALTIME”C:ProgramFilesMouseFixMouseFix.exe.
  2. Klik kanan pada shortcut tersebut, pilih properties, lalu edit kolom target yang tadinya “C:Program FilesMouseFixMouseFix.exe” menjadi C:WindowsSystem32cmd.exe /c start “” /B /REALTIME “C:Program FilesMouseFixMouseFix.exe”
  3. Log off atau restart komputer.
  4. Cek apakah mouse yang semula dobel klik sendiri sudah kembali normal atau belum.

Jika masalah belum teratasi, cobalah untuk membongkar mouse Anda dan bersihkan. Caranya, buka casing mouse, lalu bersihkan debu pada mouse menggunakan kuas hingga bersih, tutup  casing kembali, dan gunakan mouse seperti biasa.

Apabila ternyata masalah belum teratasi juga, ada kemungkinan tombol mouse (kiri maupun kanan) menempel pada tombol PCB di dalam mouse. Jika kebetulan menggunakan mouse merek Logitech, Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan cara berikut ini.

  1. Siapkan peralatan yang diperlukan, yaitu gunting, lakban kertas/plastik, pinset atau benda berujung runcing.
  2. Pastikan mouse dalam kondisi off. Jika menggunakan kabel, lepas sambungannya dari komputer/laptop dan jika Anda menggunakan mouse wireless, matikan dayanya.
  3. Buka tombol klik mouse yang bermasalah dengan pinset, jari, atau benda berujung lancip sampai Anda melihat plastik yang menghubungkan tombol klik dengan papan PCB pada mouse.
  4. Gunting lakban dengan ukuran kecil untuk ditempel pada bagian tersebut. Tujuannya untuk menjaga jarak antara tombol klik dengan PCB sehingga dobel klik sendiri tidak akan terjadi.
  5. Tekan tombol klik tersebut hingga kembali normal.
  6. Aktifkan kembali mouse tersebut komputer dan lihat hasilnya.

Nah, apabila hal tersebut sudah Anda coba dan mouse masih juga dobel klik sendiri, satu-satunya cara adalah dengan membeli mouse baru. Semoga tulisan tentang cara mengatasi mouse dobel klik sendiri ini bisa membantu Anda.

Related posts

Leave a Comment