Cara Mengatur DPI Mouse Gaming dan Biasa!

Cara Mengatur DPI Mouse Gaming dan Biasa

Cara mengatur DPI mouse gaming dan mouse biasa sangatlah berbeda. Jika kami harus katakan, mengatur DPI di mouse gaming lebih mudah ketimbang mouse biasa.

Fungsi DPI ini digunakan untuk mengatur kecepatan gerakan kursor mouse. Semakin tinggi nilai DPI, semakin cepat kursor bergerak. Jika kalian sering memainkan game PC, terutama yang bergenre FPS, penting untuk menyesuaikan DPI mouse yang digunakan.

Perbedaan Mouse Gaming dan Biasa

Cara Mengatur DPI Mouse Gaming dan Biasa 1

Perbedaan antara mouse gaming dan mouse biasa sangat mencolok. Namun, beberapa gamers pemula menemukan bahwa menggunakan mouse bukanlah masalah besar.

Bahkan, mereka percaya bahwa keberadaan setiap mouse tidak ada bedanya, dan “katanya” tidak akan mempengaruhi permainan. Padahal jika mereka tahu fakta sebenarnya, kami yakin mereka bakal segera mengganti mouse yang digunakan.

Jika kalian pernah menonton pertandingan langsung atau menonton pertandingan esports melalui YouTube atau media streaming lainnya,

Kalian pasti sadar, bahwa para pemain profesional pasti menggunakan setup yang layak, mulai dari PC, keyboard, mouse hingga touchpads yang terlihat unik dan “tidak biasa,” padahal ada alasan yang kuat dibalik hal tersebut.

Pasalnya, dibalik segara keunikannya, beberapa komponen tersebut ternyata sangat menunjang aktivitas gaming agar lebih maksimal, salah satunya adalah mouse. Lantas, apa bedanya mouse gaming dengan mouse biasa? Simak pembahasan berikut!

a. Desain Mouse Gaming Jauh Lebih Keren

Saat pertama kali melihat mouse gaming, kesan pertama yang kalian rasakan adalah desainnya keren, modern dan juga futuristik. Rata-rata desain mouse gaming memang lebih modern dan menarik dibandingkan mouse biasa.

Sebenarnya, ada beberapa mouse gaming yang mirip dengan mouse biasa , begitu pula sebaliknya.

Namun, agar bisa menarik perhatian para gamers, tentunya mouse gaming diproduksi dengan cara yang terlihat berbeda dengan mouse pada umumnya. Bahkan tak jarang mouse gaming menggunakan efek lighting Red Green Blue (RGB) agar terlihat lebih menarik.

b. Ditanam Sejumlah Tombol Khusus

Pada bagian samping mouse gaming biasanya terdapat beberapa tombol khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian saat bermain game.

Oleh karena itu, biasanya tombol ini digunakan untuk menggulir item atau mengganti senjata lebih cepat daripada menggunakan keyboard.

Biasanya di atas scroll bar terdapat tombol khusus yang berfungsi untuk mengatur DPI atau CPI. Ada juga tombol triple click dan back-next pada mouse gaming.

c. Tingkat DPI (Dot Per Inch) Sangat Baik

DPI adalah jumlah dot per inch yang merupakan satuan resolusi yang dimiliki mouse. Resolusi DPI mouse pada umumnya hanya sekitar 500-800 DPI, sedangkan DPI mouse gaming bisa mencapai lebih dari 2.000.

Perlu kalian tahu, semakin tinggi angka DPI, semakin cepat dan akurat gerakan mouse, dan kita dapat dengan mudah memindahkan kursor ke semua sudut.

Khusus untuk mouse gaming, disarankan agar memiliki DPI lebih besar, karena kecepatan dan akurasi saat bermain game sangat penting untuk menciptakan performa terbaik.

d. Mouse Gaming Lebih Kompleks

Keberadaan fungsi macro dan keystroke pada mouse gaming sangat penting karena fungsinya untuk mempermudah mode permainan. Maka dari itu, saat kalian memainkan game dengan jenis FPS seperti Point Blank, Counter Strike, dan sebagainya, kalian bisa menggunakan fungsi macro.

e. Mouse Gaming Lebih Tahan Lama

Perbedaan lainnya adalah soal ketahanan atau durability. Seperti yang kita ketahui, mouse gaming lebih tahan lama dibandingkan mouse biasa. Karena para gamers bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan klik yang hampir tak terhitung. Akhirnya, beberapa mouse gaming dirancang untuk bertahan hingga 200 juta klik.

Selain itu, mouse gaming ini juga terbuat dari bahan yang lebih kuat, sehingga tidak akan mudah rusak meski terbentur berulang kali.

f. Mouse Gaming Memiliki Fitur yang Menarik

Mouse gaming biasanya memiliki fungsi lain, seperti memori internal, yang dapat menyimpan pengaturan dan data game hanya dengan satu klik. Ada juga fitur lain, seperti halnya pengaturan mouse yang bisa digunakan di semua komputer.

Cara Mengatur DPI Mouse Gaming

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba, apalagi jika mouse yang digunakan merupakan seri gaming. Mengatur DPI mouse dapat dilakukan melalui tombol, aplikasi khusus, dan langsung melalui Windows. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan di bawah ini.

a. Mengatur DPI Melalui Tombol Mouse

Pada metode pertama, kalian bisa langsung mengatur kecepatan DPI dengan mouse. Di mouse gaming, terdapat tombol khusus untuk mengubah pengaturan DPI. Biasanya terletak di bagian atas badan mouse (di belakang roda gulir). Klik tombol dan periksa kecepatannya. Jika kalian merasa masih lambat, silakan klik kembali.

Untuk mouse dengan LED, terkadang warna lampu berubah sesuai DPI. Misalnya, warna mouse DPI-400 berwarna biru, warna mouse DPI-800 berwarna merah, dan seterusnya.

b. Mengatur DPI Mouse Melalui Aplikasi Khusus

Mouse gaming merek tertentu biasanya memiliki driver atau aplikasinya sendiri. Aplikasi ini digunakan untuk mengatur setting pada mouse. Dari lampu, makro hingga klik mouse otomatis, dan tentu saja kecepatan DPI. Karena setiap merek memiliki aplikasi yang berbeda, maka pengaturannya juga berbeda

Meski begitu, tata cara penginstalannya kurang lebih seperti berikut:

  • Instal driver / aplikasi default mouse
  • Kemudian buka aplikasinya
  • Periksa pengaturan mouse dan cari kolom “DPI” atau “Sensitivity Level”
  • Silakan ubah DPI sesuai preferensi kalian

Cara Mengatur DPI Mouse Biasa

Dua metode pertama hanya berlaku saat kaliann menggunakan mouse gaming. Untuk metode ini, sangat cocok jika kalain menggunakan mouse biasa.

a. Mengatur DPI Mouse Melalui Windows

Untuk cara mengatur DPI Mouse biasa, kalian bisa mengaturnya melalui pengaturan Windows. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama buka pengaturan Windows dengan mengklik tombol Ctrl + I pada keyboard
  • Kemudian pilih menu perangkat
  • Lanjutkan untuk memilih menu “Mouse”
  • Setelah itu, pilih kembali menu opsi mouse lainnya
  • Jendela “Mouse Properties” akan ditampilkan, dan kalian dapat mengklik tab “Pointer Options”
  • Terakhir, setel kecepatan di kolom “Pilih kecepatan cursor/Select a pointer speed”
  • Done

 

Related posts

Leave a Comment