Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android

Cara mengembalikan foto dan video yang terhapus di Android bisa kita lakukan dengan sangat mudah berkat makin canggihnya teknologi HP.

Dulu, kita biasa menggunakan kamera analog/digital untuk merekam suatu objek. Hasilnya disimpan dalam bentuk foto dan video dalam memori kamera. Dan kemudian kita dapat menggandakannya dengan cara mencetaknya ke perangkat pencetakan foto atau cukup hanya untuk disimpan saja.

Selain kemajuan teknologi, kini kita juga dapat dengan mudah mengambil foto dan video dengan perangkat Android kita. Dengan kualitas gambar hingga belasan megapiksel dengan kamera masa kini, foto dan video yang dihasilkan tidak kalah bagusnya dengan kamera digital profesional.

Selain itu, dengan kamera ponsel, kita dapat langsung melihat foto dan video yang berhasil diambil. Selanjutnya kita juga bisa langsung melakukan tindakan lebih lanjut baik itu dengan mengedit, share di jejaring sosial atau mencetaknya secara langsung di HP dengan memanfaatkan printer yang sudah terkoneksi dengan Wi-Fi.

Namun, karena kemudahan penggunaan foto di ponsel, terkadang kita secara tidak sengaja menghapus foto dari galeri ponsel. Hal ini tentu menimbulkan kepanikan, apalagi jika foto yang dihapus tersebut merupakan foto penting dan akan digunakan kembali di kemudian hari atau bahkan foto dan video lama yang berisikan banyak kenangan.

Untuk itu sekarang kami akan jelaskan cara memulihkan foto yang terhapus dengan menggunakan fungsi standar ponsel atau menggunakan aplikasi tambahan. Sebelum menjelaskan cara melakukannya, kali ini kita akan membahas apa itu photo recovery dan apa fungsinya.

Apa Itu Photo Recovery?

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android 2

Baca Juga: Cara Daftar Gmail Baru di HP Android 2021

Photo recovery atau pemulihan foto adalah upaya untuk memulihkan dan mengembalikan foto yang dihapus di galeri ponsel, baik itu karena tidak sengaja dihapus, atau karena serangan virus.

Dalam aplikasi recovery, kita dapat memindai file foto dan video yang terhapus dan memeriksa foto mana saja yang ingin dipulihkan serta melihat status kualitas foto saat ini, apakah masih dalam kondisi baik atau rusak.

Selain itu, kita juga dapat mengembalikan foto tersebut secara langsung ke galeri ponsel atau penyimpanan online berbasis cloud layaknya Google Drive.

Setelah kita mengetahui apa itu Photo Recovery, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengembalikan foto dan yang terhapus di HP Android. Kita bisa menggunakan fitur standar atau dengan memanfaatkan aplikasi tambahan yang dapat diunduh secara gratis di Google Playstore.

Cara Mengembalikan Foto dan Video di HP Xiaomi

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android 3

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk memulihkan foto dan video yang terhapus di HP bisa kalian lakukan melalui menu galeri di ponsel Xiaomi.

Menu galeri sendiri merupakan fitur bawaan pada ponsel Android yang digunakan untuk menampilkan foto dan video dari lokasi folder yang berbeda.

Nantinya kita harus login ke akun Mi Cloud terlebih dahulu dan pastikan sebelumnya kita sudah melakukan sinkronisasi Mi Cloud dan mengaktifkan backup otomatis galeri.

Sehingga, nantinya kita bisa melihat daftar foto dan video yang terhapus dalam kurin waktu 30 hari.

Cara Sinkronisasi Mi Cloud dan Galeri Secara Otomatis

  • Pertama, buka menu galeri pada hp Android kita
  • Selanjutnya, klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar
  • Kemudian kita pilih opsi konfigurasi
  • Setelah berada di halaman konfigurasi. Langsung kita klik opsi automatic backup atau backup otomatis dan selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman Mi Cloud
  • Selanjutnya klik tombol Berikutnya
  • Lalu, kita pilih album mana saja yang akan disimpan secara otomatis
  • Klik tombol Masuk dengan Akun Mi
  • Sekarang akun Mi Cloud kita berhasil disinkronkan dengan menu galeri di ponsel Android. Sehingga foto dan video yang dihapus dapat dicadangkan dan disimpan selama 30 hari lagi

Setelah akun Mi Cloud ditautkan ke menu galeri. Sekarang kita pun dapat memulihkan foto dan video yang dihapus di ponsel Android.

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android dengan Gallery

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android 4

  • Buka menu Galeri di ponsel Android kita
  • Kemudian, klik tiga garis vertikal di sudut kanan atas layar
  • Lalu ada 4 pilihan (Merge, Cut, Free up space dan setting). Kemudian pilih opsi pengaturan
  • Setelah berada di halaman pengaturan galeri. Kita pilih opsi recycle bin atau tempat sampah
  • Selanjutnya, kita harus masuk dengan Mi Account kita
  • Selanjutnya, kita harus masuk dengan Mi Account kita
  • Nantinya akan muncul beberapa foto dan video yang telah dihapus dalam 30 hari terakhir
  • Kemudian klik pada foto dan video yang ingin kita pulihkan. Kemudian pilih “Pulihkan” untuk memulihkan foto yang dihapus, atau pilih “Hapus selamanya” untuk menghapusnya secara permanen
  • Sekarang, foto dan video yang dihapus di ponsel Android kita telah berhasil dipulihkan melalui menu galeri

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android dengan Google Photo

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android 1

Google Photos merupakan cara lain yang bisa kalian coba untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus di Android dengan sangat mudah.

Aplikasi Google Photos sendiri seharusnya sudah ter-install secara langsung di HP Android, maka dari itu kalian tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Metode ini digadang-gadang sangat ampuh dalam mengembalikan foto dan video yang tidak sengaja terhapus tanpa perlu bantuan komputer sama sekali, hanya bermodalkan HP Android saja.

Kenapa dengan Google Photos sangat ampug? Karena memang aplikasi satu ini dapat secara otomatis menyimpan foto dan video yang tidak sengaja kalian hapus ke trash selama 60 hari. Dengan syarat, fitur backup dan sinkronasi Google Photos sudah kalian aktifkan terlebuh dahulu. Simak cara berikut:

  • Buka Google Photos kalian
  • Tap ikon garis tiga vertikal yang ada di sudut atas kiri
  • Klik ikon tempat sampah
  • Pilih foto yang akan kalian pulihkan kembali, dengan menahan foto yang dimaksud sampai muncul tanda centang
  • Klik ikon recovery (tanda panah melingkar) dan tunggu hingga prosesnya selesai
  • Selamat, foto dan video kalian berhasil terselamatkan

Rekomendasi Aplikasi Android untuk Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android 5

Baca Juga: Ciri-Ciri Kerusakan pada Motherboard dan Solusinya!

Dengan Android, kita akan diberi kemudahan untuk mengunduh dan memasabg segala aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Salah satunya adala recovery file, yang mana bisa kalian lakukan juga dengan beberapa aplikasi Android yang bakal kami berikan ini. Apa saja aplikasinya?

Restore Image

Aplikasi Restore Image merupakan rekomendasi dari kami jika kalian yang tengah mencari cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android tanpa root.

Dengan aplikasi ini, kalian dapat memulihkan sejumlah foto dan video yang terhapus dengan sangat mudah.

Deleted Photo Recovery

Cara mengembalikan foto dan video yang sudah lama terhapus selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Deleted Photos Recovery.

Aplikasi tersebut mampu mengembalikan file yang kalian terhapus dengan sangat mudah dan cepat, bahkan foto dan video yang tersembunyi pun bisa kalian temukan. Yang lebih penting, kalian tidak perlu melakukan rooting HP terlebih dahulu.

DigDeep Image Recovery

DigDeep Image Recovery merupakan jalan keluar terbaik untuk kembalikan foto dan video kalian yang terhapus di Android.

Kalian dapat me-recovery file yang foto maupun video yang terhapus di internal memory dan external memory.

Dengan begitu seandainya tidak tahu cara mengembalikan foto dan video yang terhapus di internal memory, kalian tidak perlu panik, langsung saja coba aplikasi satu ini.

Kalian hanya perlu masuk ke aplikasinya, kemudian lakukan scanning sampai foto atau video yang hilang tersebut ditemukan.

Dumpster

Cara mengembalikan foto dan video yang terhapus permanen selanjutnya adalah dengan aplikasi Dumpster.

Seperti halnya Google Photos, Dumpster secara otomatis akan menyimpan foto dan video yang ada di HP kalian.

Bukan hanya itu, Dumpster juga menawarkan jaminan keamanan data kalian sehingga tidak bocor di internet.

Jika ingin mengembalikan file yang terhapus, kalian hanya perlu memeriksa folder Bin, lalu lakukan restore file untuk memulihkannya.

Perlu diingat, bahwasanya beberapa cara mengembalikan foto dan video yang terhapus di Android di atas tidak dapat 100% mengembalikan file yang terhapus.

Meski begitu, setidaknya beberapa foto dan video kalian dapat terselamatkan walaupun sebagian.

Related posts

Leave a Comment