Cara Menghapus Akun Adsense dan Apa Itu Google Adsense?

cara menghapus akun adsense

Cara Menghapus Akun Adsense – Salah satu alasan saat ini banyak orang ingin sekali menjadi seorang YouTuber adalah karena ingin memperoleh penghasilan tambahan.

Penghasilan yang diperoleh para YouTuber tersebut semuanya berasal dari hasil pemasangan iklan atau ads Google Adsense, sehingga ini semua dapat membantu para creator yang sudah bekerja sama dengan Google dalam mendapatkan penghasilan dari internet.

Sebenarnya Google Adsense sendiri bukan hanya bisa kita pasang di YouTube saja, melainkan pada website juga bisa kalian pasang. Hanya saja, program Google Adsense ini lebih banyak dikenal di YouTube.

Apa Itu Google Adsense?

cara menghapus akun adsense 1

Google Adsense merupakan program periklanan berbasis CPC (cost-per-click) yang memungkinkan pemilik website memperoleh penghasilan dari iklan yang terpasang.

Sejak pertama muncul, banyak para pemilik website yang berlomba-lomba untuk mendaftar menjadi publisher Adsense. Terbukti sampai saat ini sudah ada jutaan lebih publisher Adsense yang tersebar di seluruh dunia.

Google Adsense menampilkan iklan pada website berupa text, gambar maupun video kepada pengunjung website dengan minat si pembaca atau pengunjungnya.

Kerja dari Google Adsense adalah memanfaatkan cache dari browser si pengguna guna mengetahui apa saja yang sedang si pembaca butuhkan, nantinya iklan bakal muncul sesuai dengan minat atau kebutuhan kalian.

Contoh, jika kalian sedang mencari “Hosting Murah” pada mein pencari Google, tidak berapa lama kemudian iklan yang muncul adalah dari berbagai penyedia hosting murah tersebut.

Baca Juga :  3 Cara untuk Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

Tapi, tidak semua akun YouTube atau website bisa diterima oleh Google Adsense. Pihak Google sendiri hanya dapat menerima izin untuk satu akun saja. lebih dari itu maka Google akan segera menolaknya.

Maka dari itu, apabila sebelumnya kalian sudah membuat akun Google Adsense namun ternyata sudah ditolak, ada baiknya langsung kalian hapus saja. Hal ini juga dapat menyelamatkan akun utama kalian dari pihak Google. Berikut penjelasan lebih jelasnya!

Cara Menghapus Akun Adsense

cara menghapus akun adsense 2

Jika kalian ingin menghapus akun Adsense, caranya sendiri sebenarnya cukup mudah untuk kalian lakukan. Akan tetapi, selain menghapus akun Adsense, kalian juga harus membatalkannya juga.

Hal ini dilakukan agar akun utama kalian tidak dianggap sebagai akun duplikat. Sesuai dengan aturan Google bahwa jika ingin menggunakan Google Adsense, hanya bisa dilakukan dengan satu jenis akun Google saja.  Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, kalian masuk terlebih dahulu ke laman Google Adsense
  • Apabila sebelumnya kalian belum login, bisa langsung login terlebih dahulu seperti biasa
  • Setelah kalian login, tahap selanjutnya adalah dengan masuk kedalam dasbor akun Adsense milik kalian
  • Kemudian, kalian masuk ke bagian “Akun” dan pilih informasi akun
  • Di dalamnya, kalian bakal menemukan status akun yang posisinya pada bagian kanan. Di situ kalian akan menemukan tulisan yang biasanya menunjukkan aktif atau tidaknya akun milik kalian tersebut
  • Dan pada bagian samping, akan ada tulisan “Batalkan Akun” lalu coba untuk klik tulisan tersebut
  • Setelah menekan opsi “Batalkan Akun”, langkah selanjutnya adalah mengikuti beberapa prosedur atau langkah yang biasa muncul setelahnya
  • Apabila kalian sudah mengikuti beberapa prosuder yang sudah muncul tersebut, selanjutnya kalian akan dikirimkan sebuah emaiil yang berasal dari pihak Google sendiri. Isi dari email yang dikirim oleh Google itu adalah sebuah detail tentang pembatalan akun Adsense yang sebelumnya sudah dibuat
  • Pada email itu, kalian akan menemukan sebuah link atau tautan yang berisikan tentang pembatalan akun Adsense, kalian klik tautan atau link tersebut
  • Langkah selanjutnya adalah kalian tinggal menunggu pembatalan akun Adsense-nya. Biasanya, akun Adsense akan dibatalkan dalam kurun waktu berjam-jam lamanya. Jika lebih dari itu, maka bisa dipastikan akun Adsense tidak jadi dibatalkan dan harus dilakukan proses pembatalan berikutnya
Baca Juga :  Google Tidak Lagi Sinkronisasi dengan WhatsApp, Kenapa?

Cara Menghapus Akun Adsense Jika Tidak Ada Tombol Batal

Cara menghapus akun Adsense di atas merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk menghapus akun Adsense. Namun, bagaimana jika tombol “Batal” yang kita cari-cari justru pada tidak ditemukan saat masuk ke halaman status akun.

Perlu diketahui juga, bahwasanya tidak semua cara pertama dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. Terkadang, ada juga akun Adsense yang tidak ada tombol batalnya.

Kalian jangan khawatir, jangan panik pula. Ada beberapa cara lainnya yang bisa kalian lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk ke bagian dasboard Adsense melalui cara alternatif, yaitu dengan melalui Support Google. Silahkan kalian masuk ke situs tersebut, yang bisa dicari melalui internet
  • Jika sudah, kalian akan melihat sebuah halaman yang isinya mirip-mirip dengan formulir pendaftaran. Halaman ini, bisa dibilang merupakan halaman pemberitahuan bahwa akun Adsense kalian ingin dibatalkan namun melalui cara manual
  • Kalian isi seluruh form yang tersedia seperti halnya nama pertama, nama terakhir, kontak email dan tidak lupa nomor identitas Adsense.
  • Khusus pada bagian nomor identitas Adsense, kalian bisa mengunjungi Google Pay terlebih dahulu. Di dalam Google Pay itu, kalian bakal menemukan nomor identitas Adsense
  • Setelah itu, kalian hanya perlu menyalin nomor Adsense tersebut dan copy – paste pada bagian terakhir tadi
  • Jika kalian sudah memasukkan nomor Adsense, selanjutnya tinggal tekan “Submit” agar isi form dapat terkirim. Beberapa saat kemudian, kalian akan menerima sebuah pemberitahuan dari pihak Google kedalam email kalian Pastikan kalian juga sering memeriksa bagian folder spam, seandainya emaila tidak masuk ke folder kotak masuk email kalian
  • Setelah kalian menemukan email pemberitahuan dari pihak Google tersebut, selanjutnya kalian hanya perlu melakukan verifikasi pembatalan akun Adsense dan tunggulah beberapa saat. Biasanya dalam waktu beberapa jam saja akun bakal langsung dibatalkan
Baca Juga :  Begini Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari di WhatsApp Android

Nah, itulah cara menghapus akun Adsense yang ditolak oleh Google dengan mudah. Jika seandainya kalian diterima program Google Adsense tersebut, pastikan untuk tetap mengikuti panduan atau aturan-aturan yang berlaku, agar suatu hari iklan yang kalian pasang tidak dicabut oleh pihak Google.

Related posts

Leave a Comment