Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Miui 11 Lengkap!!

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Miui 11

Cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi Miui 11 bisa dilakukan dengan mudah tanpa root. Untuk itu, Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi. Aplikasi pihak ketiga tersebut adalah Redmi System Manager. Aplikasi ini harus ada di HP Xiaomi yang akan dihapus aplikasinya. Jika tidak, Anda perlu mengunduhnya lebih dahulu.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Miui 11 Tanpa Harus Root

Terkadang, Anda mungkin merasa perlu menghapus aplikasi bawaan pada ponsel karena tidak membutuhkannya. Pada Xiaomi Miui 11, Anda bisa melakukannya dengan bantuan Redmi System Manager. Anda ingin tahu cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi Miui 11 tanpa root? Ikuti langkah berikut ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Miui 11 1

a. Download Redmi System Manager

Aplikasi Redmi System Manager tidak akan Anda temukan di Play Store. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, Anda harus mengunduhnya melalui toko aplikasi pihak ketiga. Aplikasi Redmi System Manager akan membantu Anda menghapus aplikasi bawaan, seperti Google Play Music, Google Play Movie, Google Photos dan lain lain. Namun, tidak semua aplikasi bisa dihapus.

Anda bisa memilih Redmi System Manager versi 2.0.3., tetapi sebelumnya, Anda harus men-download dulu aplikasi XAPK Installer. Hal ini disebabkan Redmi System Manage tidak bisa di-install tanpa aplikasi XAPK installer ini.

Setelah aplikasi berhasil di-download, lanjutkan dengan meng-install-nya. Aplikasi ini memiliki ukuran 945.9 KB dan bisa berjalan di semua tipe HP Xiaomi. Setelah ter-install, aplikasi sudah bisa dijalankan untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi.

b. Buka Aplikasi Redmi System Manager

Sekarang, saatnya Anda menggunakan aplikasi Redmi System Manager yang sudah Anda download. Buka aplikasi Resmi System Manager yang ada pada home screen HP Xiaomi, kemudian klik Start untuk memulainya

c. Pilih Aplikasi Yang Dihapus

Langkah selanjutnya dari cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi Miui 11 adalah memilih aplikasi yang akan dihapus. Contohnya, jika Anda akan menghapus aplikasi Google Duo, klik aplikasi tersebut.

Menghapus aplikasi Xiaomi dengan menggunakan root bisa berpotensi kehilangan garansi. Oleh karena itu, lebih baik Anda menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root. Namun, perlu diketahui  bahwa cara ini tidak bisa benar-benar menghapus aplikasi bawaan Xiaomi , tetapi hanyamenonaktifkan saja.

d. Klik Nonaktifkan

Menonaktifkan aplikasi bawaan HP Xiaomi artinya aplikasi tersebut masih tetap ada dan bisa diaktifkan kembali sewaktu-waktu. Apabila aplikasi ingin benar-benar terhapus selamanya, Anda harus melakukan root terlebih dahulu.

Cara menonaktifkan sebuah aplikasi bawaan HP Xiaomi adalah dengan mengeklik pilihan “nonaktifkan” pada aplikasi yang telah dipilih untuk dinonaktifkan sebelumnya. Aplikasi ini tentunya masih bisa diaktifkan kembali jika suatu saat Anda membutuhkannya.

e. Setujui Menonaktifkan Aplikasi

Selanjutnya, setelah Anda mengeklik opsi “nonaktifkan”, akan muncul peringatan pada bagian bawah. Silakan pilih “Menonaktifkan aplikasi“ untuk menyetujui bahwa aplikasi tersebut akan dinonaktifkan.

f. Aplikasi Terhapus

Untuk mengetahui apakah Anda sudah berhasil menghapus aplikasi atau belum, lihatlah pada home screen. Aplikasi yang dinonaktifkan yang sebelumnya ada di home screen akan langsung hilang. Ini artinya, Anda sudah berhasil menghapus aplikasi tersebut, meskipun hanya untuk sementara.

Menonaktifkan aplikasi yang tidak penting ini menjadi salah satu cara untuk menghemat baterai HP Xiaomi. Mengapa? Hal ini disebabkan aplikasi yang dinonaktifkan tidak akan berjalan pada background sehingga konsumsi baterai menjadi lebih irit.

Itulah cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi Miui 11 yang bisa dilakukan. Silahkan mencoba melakukannya tanpa root dengan mengikuti setiap langkah di atas. Semoga aplikasi ini bisa membantu dan bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment