Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android

cara menghapus kotak masuk gmail sekaligus di android

Setiap user Android saat ini pasti sudah memliki yang namanya akun Gmail. Akan tetapi, mereka masih belum mengetahui bagaimana cara menghapus kotak masuk gmail sekaligus di Android.

Seperti yang kita tahu, terkadang untuk mengontrol kotak masuk gmail sendiri sedikit membuat kita malas, mengingat email di kotak masuk saat itu masih lah sedikit.

Akan tetapi, jika kita kebablasan dan ternyata email yang masuk telah mencapai 99+, kebingungan pun akan muncul serta mulai mempertanyakan “bagaimana cara menghapus kotak masuk gmail sekaligus di Android”?

Jika kalian belum tahu, akun Gmail ini merupakan sebuah kewajiban untuk dimiliki para user smartphone Android, tanpa akun gmail, kalian pasti akan kesulitan atau dibatasi ketika mengakses berbagai macam fitur smartphone tersebut, salah satunya adalah tidak bisa menggunakan aplikasi Google Play Store.

Bukan hanya itu saja, Gmail juga sangat berguna bagi kalian yang ingin membuat sebuah akun baru di berbagai social media, mau itu Facebook, Instagram dan masih banyak lagi. Setiap notifikasi yang muncul di social media juga akan mengarah ke Gmail nantinya.

Bahkan, sekalipun kalian melupakan kata sandi atau password dari akun Gmail yang digunakan, Google juga sudah mengantisipasi hal tersebut sehingga kalian bisa memulihkan akun yang lupa password-nya itu. Kalian bisa baca artikel kami berjudul Cara Masuk Akun Google yang Lupa Password untuk mengetahui langkah-langkahnya!

Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android

Pada kesempatan kali ini, LoTECH akan memberikan cara untuk menghapus kotak masuk atau inbox Gmail secara serentak atau sekaligus di Android, karena saat ini kebanyakan dari pengguna maupun pemilik akun Gmail masih belum tahu caranya jika melalui smartphone Android.

Sekilas Tentang Gmail

Gmail ini merupakan singkatan dari Google Mail, yang mana ini adalah sebuah layanan email berbasis web yang sudah disediakan oleh Google sendiri secara gratis.

Layanan Gmail dirilis pada tanggal 21 Maret 2004, kemudian sempat membuat geger banyak masyarakat, terutama para TechGeek karena langsung menyediakan kapasitas email sebesar 1GB, dimana pada masa itu ukuran 1GB sangatlah besar.

Well, meskipun menghapus keseluruhan kotak masuk Gmail di Android cukup sulit, karena terbatasnya fitur yang ada di aplikasi Android. Namun, kita bisa memanfaatkan beberapa fitur yang sudah disediakan untuk mempermudah kita menghapus pesan atau kotak masuk.

Sekarang, kita akan masuk ke tata cara menghapus kotak masuk gmail sekaligus di Android. Pastikan untuk disimak baik-baik dan jangan sampai melewatkan beberapa poin pentingnya!

Mengatur Setelan Hapus di Aplikasi Gmail Android

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengatur setelan hapus yang sudah disediakan aplikasi Gmail di Android. Kalian hanya perlu memanfaatkannya untuk membantu menghapus seluruh pesan yang masuk. Caranya:

a. Buka aplikasi Gmail di Android kalian, lalu pilih icon menu yang terletak berada di pojok kiri atas layar. Seperti gambar berikut.

Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android 1
Pilih Icon Menu

b. Selanjutnya, pilih Settings atau Setelan

Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android 2
Masuk ke Settings

c. Setelah masuk ke menu Settings atau Setelan, langsung saja kalian masuk ke General Settings atau Setelan Umum.

Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android 3
Klik General Settings

d. Nah sekarang, kalian bisa lihat pada bagian paling atas, ada opsi Default Notification Action atau jika menggunakan bahasa Indonesia, namanya adalah Tindakan Notifikasi Default. Klik opsi tersebut.

Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android 4
Masuk Default Notification Action

e. Terakhir, jika tadinya pilihannya adalah Archive atau Arsip, sekarang rubah jadi Delete atau Hapus.

Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android 5
Pilih Opsi Delete

Dengan begini, kalian akan menjadikan tindakan Delete atau Hapus, sebagai tindakan default yang muncul di bagian bawah notifikasi Gmail.

Menghapus Kotak Masuk di Android

Pada saat kalian menghapus kotak masuk atau pesan, maka Gmail akan membuang pesan tersebut ke dalam Trash atau sampah selama 30 hari lamanya. Dan pesan pun akan segera terhapus secara permanen.

Apabila kalian memang tidak ingin menghapus pesan tersebut, maka kalian bisa menggunakan opsi pengarsipan. Caranya:

a. Buka pesan yang akan kalian hapus.

b. Di bagian atas pesan, akan muncul icon berbentuk tong sampah yang menandakan untuk menghapus pesan. Kalian pilih icon itu.

Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android 6
Buka Pesan yang akan Dihapus dan Pilih Icon Tong Sampah

c. Pesan tersebut pun akan hilang.

Menghapus Beberapa Pesan Gmail di Android

Cara ini bisa kalian gunakan sebagai alternatif untuk menghapus kotak masuk Gmail secara serentak di Android. Kalian hanya perlu menandai pesan yang ingin kalian hapus saja. Caranya:

a. Tekan foto di samping pesan yang ingin kalian hapus. Selanjutnya, tinggal pilih yang lainnya untuk kalian hapus juga.

Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android 7
Tandai Pesan yang Akan Dihapus

b. Kemudian, pilih icon tong sampah untuk menghapusnya.

c. Pesan yang kalian tandai pun akan hilang.

Menghapus Pesan Gmail Berdasarkan Kategori di Android

Dengan cara atau metode satu ini, kalian dapat menghapus seluruh pesan kalian berdasarkan kriteria yang diinginkan. Juga, ini adalah metode paling jitu dari cara menghapus kotak masuk Gmail sekaligus di Android yang harus dicoba. Caranya:

a. Pada kolom search atau pencarian, ketikkanlah perintah yang sudah disediakan oleh Gmail. Contoh, older_than:1y. Yang mana perintah tersebut ditujukan untuk membuka pesan yang sudah lama atau lebih dari jangka waktu 1 tahun. Lalu tekan enter.

Cara Menghapus Kotak Masuk Gmail Sekaligus di Android 7
Setelah Berhasil, Tinggal Dihapus

b. Setelah muncul. Kalian bisa menghapusnya dengan langkah yang sama seperti sebelumnya.

Kurang lebih, itulah cara menghapus kotak masuk gmail sekaligus di Android yang bisa kalian coba.

Selain daripada itu, kami juga memiliki beberapa cara praktis yang sangat ampuh untuk membuat kotak masuk Gmail kalian lebih bersih dari biasanya. Sehingga, kalian tidak perlu kewalahan lagi dalam melakukan rutinitas menghapus pesan di Gmail.

Cara Membersihkan Kotak Masuk Gmail

Di sini, yang perlu kita lakukan hanyalah memanfaatkan fitur-fitur atau layanan yang dimiliki oleh Gmail. Selain membersihkan, cara ini juga sangat berguna untuk mengelola akun Gmail kalian. Bagaimana caranya?

1. Cara Menemukan Pesan Penting di Gmail

Ini adalah salah satu cara yang penting untuk membereskan email kalian, yakni dengan memilih antara pesan penting dan yang tidak penting.

Guna menemukan pesan penting tersebut, yang mana sudah ditandai sebelumnya, adalah dengan mengetikkan is:important pada kolom search. Setelah itu, kalian tekan enter dan Gmail pun akan menampilkan email penting yang sudah ditandai tersebut.

2. Mencari Lampiran Berkas

Ini sangat penting untuk diketahui jika kalian merasa sering dikirimi email foto oleh rekan atau mungkin keluarga kalian.

Karena sudah tidak aneh lagi, jika foto telah dikirimkan ke email, kita seringkali merasa malas dan tidak langsung mengunduhnya, karena merasa “aman” jika sudah masuk Gmail.

Akan tetapi, hal tersebut malah akan menjadi merepotkan pada saat kita hendak membersihkan kotak masuk gmail. Takutnya foto-foto tersebut ikut terhapus juga.

Untuk mem-filter lampiran berkas dengan format tertentu tersebut, ketik perintah filename: dengan diikuti jenis format file yang kalian cari. Contoh filename:png. Nantinya akan muncul lampiran email tersebut dan kalian pun bisa segera mengamankannya agar tidak terhapus.

3. Menghapus Pesan yang Sudah Lama

Pesan lama yang sudah tidak kita butuhkan lagi ada baiknya segera dihapus, agar tidak membuat sempit kotak masuk.

Namun, kita terkadang mengalami kesulitan dalam mencari kotak masuk tersebut satu persatu. Sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari dan menghapus pesan itu.

Sebagai jalan keluarnya, ada cara yang sangat mudah dilakukan, yakni dengan melakukan filter pesan berdasarkan tanggalnya.

Kalian hanya perlu mengetikkan after:, before:, older_than: atau newer_than:, diikuti dengan tanggal dalam format tahun/bulan/tanggal. Contoh after:2019/05/16, artinya kalian akan mensortir pesan berdasarkan setelah tanggal 16 Mei 2019.

Juga, pencarian berdasarkan tanggal tersebut bisa kalian kombinasikan, seperti after:2019/05/16 before:2019/05/18, yang artinya kalian akan mensortir pesan antara tanggal 16 Mei 2019 sampai 18 Mei 2018.

Untuk perintah older_than: serta newer_than: memiliki fungsi yang sama. Namun, ketika menggunakan perintah tersebut, kalian tidak perlu mencantumkan tanggal persisnya, cukup umur pesan yang akan kalian cari saja, yakni dengan huruf d (menandakan day atau hari), m (menandakan month atau bulan), y (menandakan year atau tahun.

Contoh, kalian ingin mencari pesan yang masuk satu tahun lalu, ketik di kolom search older_than:1y. Begitu pula dengan yang lainnya. Maka kalian akan ditampilkan deretan email yang masuk pada satu tahun yang lalu.

4. Berhenti Berlangganan Newsletter

Newsletter merupakan salah satu penyebab kotak masuk Gmail kita sering penuh. Karena dengan kalian berlangganan newsletter tersebut, maka tiap postingan atau notifikasi baru yang hadir dari penyedia newsletter itu akan selalu muncul ke kotak masuk kalian.

Maka dari itu, dengan berhenti berlangganan newsletter merupakan cara terbaik untuk membuat kotak masuk kalian tidak cepat penuh. Seperti apa caranya?

Kalian hanya perlu mengetik perintah label:^unsub untuk memperlihatkan deretan email yang muncul dari berbagai newsletter yang kalian subscribe. Untuk berhenti langganan, kalian bisa temukan dengan membuka email terkait, dan pilih unsubscribe yang terletak di samping alamat email pengirimnya.

Sekarang, selain kita mengetahui cara menghapus kotak masuk Gmail sekaligus di Android, juga kita jadi tahu bagaimana cara mengatur atau membersihkan Gmail kita agar lebih terawat lagi.

Kira-kira, apakah artikel yang kami bagikan seputar cara menghapus kotak masuk Gmail sekaligus di Android ini membantu kalian?

Related posts

Leave a Comment