2 Cara untuk Mengatasi Scanner Macet

cara untuk mengatasi scanner macet

Cara untuk mengatasi scanner macet mungkin masih belum banyak diketahui banyak orang.

Scanner adalah sebuah device atau alat yang digunakan untuk merubah suatu dokumen berupa fisik menjadi dokumen digital, sehingga dokumen tersebut dapat disimpan dan tidak rusak oleh waktu, contohnya foto-foto lama. Dengan seperti itu, jika dokumen tersebut telah dijadikan digital, maka kalian dapat memperbanyaknya dengan mudah.

Scanner ini ada yang berupa tunggal dan ada pula yang telah menyatu dengan sebuah printer seperti yang saat ini banyak dijual di toko-toko. Meskipun seperti itu, intinya cara kerja scanner ini tetaplah sama. Kalian diharuskan untuk menyimpan sebuah dokumen fisik di atas kaca pemindaian, lalu scanner pun akan bekerja.

Baca Juga :  Cara Mengubah Alamat Email pada Akun PS4 dengan 2 Cara Berbeda

Jika dipikir-pikir, scanner ini mirip sekali dengan alat fotokopi, hanya saja output atau keluaran dari scanner ini berupa data digital bukan fisik.

Sama seperti kebanyakan perangkat lainnya, scanner juga memiliki batas wajar pemakaiannya, sehingga scanner tetap dalam keadaan yang baik dan tidak mudah rusak. Hindarilah menyentuh kaca pemindaiannya secara langsung agar kaca tidak tergores atau kotor. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, hasil dari pemindaian akan terlihat jelek.

Untuk pemakaian, jangan sampai scanner mengalami overheating, karena akan berakibat fatal. Hal tersebut terjadi karena kalian menggunakan scanner terus menerus tanpa henti. Jadi, ada baiknya scan dokumen secara bertahap untuk memberi waktu mesin yang digunakan agar dapat beristirahat guna mendinginkan komponen.

Baca Juga :  3 Cara untuk Memperbaiki Layar Laptop Bergaris
cara untuk mengatasi scanner macet 1
Cara Mengatasi Scanner Macet

Meskipun kalian telah menggunakannya secara teratur, tetap saja masalah akan muncul. Seperti scanner macet yang mana tidak dapat kita prediksi sebelumnya. Kali ini, saya akan memberitahukan cara untuk mengatasi scanner macet yang bisa kalian coba.

1. Letakkanlah Dokumen yang akan Dipindai dengan Benar

Dalam meletakkan dokumen juga dapat berengaruh terhadap kinerja scanner. Periksa kembali dokumen yang digunakan, lalu simpan dengan perlahan tepat di atas kaca pemindai. Setelah itu, tutup kembali.

Tidak pas dalam meletakkan dokumen akan berpengaruh pada optic scanner, sehingga mereka akan kesulitan untuk membaca dokumen tersebut. Maka dari itu, prosesnya pun memakan waktu yang sangat lama.

2. Periksalah Koneksi Kabel Scanner

Pemasangan kabel scanner tidak sesuai dapat mengganggu proses aliran data dari scanner menuju komputer. Jadi pastikan bahwa kabel telah terpasang dengan benar. Apabila sudah benar, periksa keadaan kabel. Kabel yang sudah tua sangatlah rapuh, sehingga tembaga yang terdapat di dalamnya mudah putus.

Baca Juga :  Pengertian dan Fungsi Komputer Server dan Client

Selain itu, konektornya juga sangat mudah rusak. Rusak dari kabel biasanya akan muncul pesan error ‘scanner access failed’ atau ‘scanner not found’.

Sekarang, kalian tidak perlu bingung lagi jika menghadapi masalah seperti di atas, karena kalian telah mengetahui cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment