Dota 2 Mengalami Penurunan Jumlah Pemain

Dota 2 Mengalami Penurunan Jumlah Pemain

Menurut Steam ChartsDota 2 mengalami penurunan rata-rata jumlah pemain selama 30 hari terakhir yang terhitung sejak 2014.

Jumlah total untuk bulan Oktober masih belum tersedia, namun rata-rata pemain untuk 30 hari terakhir adalah 393.807 pemain. Angka tersebut hanya 5.000 pemain lebih banyak dari jumlah terendah dalam lebih dari lima tahun terakhir.

Dota 2 Mengalami Penurunan Jumlah Pemain
Image Steam Charts Dota 2

Pada tahun 2014 lalu, rata-rata pemain awalnya berada di angka 393,860 pada bulan Januari 2014 dan terus naik dari sana. Melampaui rata-rata 400.000 pemain dan tidak pernah turun di bawah angka tersebut, sampai bulan ini.

Dota 2 Mengalami Penurunan Jumlah Pemain
Image Steam Charts Dota 2

Setelah lima tahun menempati angka rata-rata di atas 400.000 pemain, pada akhir bulan Oktober ini terlihat angka itu turun menjadi 393.807. Ini tentunya merupakan kerugian bagi Valve.

Baca Juga :  Mengapa OG Bisa Juara The International 2 Kali Berturut-Turut? Begini Penjelasan rOtK

Dan jika tren itu berlanjut hingga bulan November, Dota akan kehilangan lebih dari 100.000 pemain yang terhitung sejak bulan Agustus.

Seburuk Itukah?

Tentu saja penurunan jumlah pemain itu merupakan sebuah kabar buruk untuk game MOBA yang sangat populer ini.

Kabar baiknya, puncak jumlah pemain untuk bulan Oktober masih aman di kisaran 700.000 pemain dan kemungkinan akan bertahan di sana selama beberapa bulan mendatang sampai Dota Pro Circuit dimulai dan para pemain kembali untuk menikmati permainannya.

Dota Pro Circuit 19-20
Image Dota2.com

Dan dengan Update besar Outlander yang kemungkinan dirilis sebelum akhir tahun ini, seharusnya itu dapat membuat para pemainnya kembali dan jumlah pemain akan melonjak.

Ketika Mars ditambahkan ke dalam game pada bulan Maret lalu, Dota memecahkan 1 juta pemain untuk pertama kalinya sejak 2017 dan jumlah rata-rata pemain juga mendekati 600.000, yang belum pernah terjadi sejak saat itu.

Baca Juga :  Logo dan Fitur Hardware PlayStation 5 dimumukan Sony

Jika Snapfire, Void Spirit, peningkatan baru pada game, dan konten Outlanders lainnya tidak cukup untuk mengembalikan para pemain, maka keadaan akan menjadi semakin kacau.

Para pemain memiliki kesulitan untuk menemukan match dengan ranking MMR yang sesuai. Banyak yang berpikir itu karena Valve tidak mengiklankan Dota 2 dengan baik. Atau bahkan memiliki sistem yang tidak cukup baik untuk menyambut pemain baru.

Meskipun Dota 2 mengalami penurunan jumlah pemain, banyak hal yang bisa Valve lakukan untuk mendapatkan pemain baru atau bahkan mengembalikan pemain lama yang sudah tidak bermain. Mungkin saja update terbaru nanti merupakan hal yang dibutuhkan game ini.

Related posts

Leave a Comment