3 Fungsi HUB Dalam Jaringan Komputer

fungsi hub dalam jaringan

Fungsi HUB dalam jaringan komputer di zaman yang serba memerlukan internet ini wajib untuk kalian ketahui.

Jaringan komputer sendiri adalah perkembangan teknologi komputer yang sangat penting saat ini. Sekarang banyak orang yang memiliki komputer yang terhubung dengan koneksi internet atau jaringan, yang mana itu adalah salah satu dari jaringan komputer itu sendiri contohnya adalah Local Area Network.

Local Area Network sendiri merupakan sebuah jaringan yang dibuat untuk menghubungkan beberapa komputer yang terletak pada satu ruangan tertentu.

Hardware Dalam Jaringan Komputer

Jaringan komputer ini dalam penerapannya membutuhkan hardware agar dapat bekerja dengan optimal. Bagi kalian yang sudah paham dalam jaringan komputer, pasti tahu dengan salah satu hardware bernama HUB.

HUB adalah hardware jaringan komputer yang saat ini cukup banyak digunakan untuk membangun suatu jaringan lokal atau LAN (Local Area Network).

HUB ini memiliki bentuk fisik mirip dengan bentuk router atau modem, dengan beberapa port yang digunnakan untuk menghubungkannya dengan banyak komputer client maupun server dalam satu jaringan lokal.

Fungsi HUB Dalam Jaringan Komputer

fungsi hub dalam jaringan 1

Fungsi HUB ini memiliki beberapa fungsi yang berguna bagi suatu sistem jaringan komputer. Apa saja itu?

a. Memecah Jaringan dari Server ke Client

HUB ini dapat membantu kita untuk memecah jaringan dari satu server, ke client yang memiliki jumlah komputer lebih dari satu, yang terkoneksi pada jaringannya.

b. Mentransmisi Jaringan dari Server

Setelah memecah jaringan, maka tugas utama dari HUB ini adalah melakukan proses transmisi dari paket data yang dimulai dari server ke komputer client atau host.

c. Dijadikan Sebagai Penguat Sinyal Transmisi Paket Data (Smart HUB)

Ini adalah fungsi tambahan dari HUB itu sendiri, yang mana terletak pada smart HUB-nya atau dikenal dengan nama HUB aktif.

Smart HUB ini mampu memperkuat sinyal transmisi paket data dari server ke komputer client, sehingga kita bisa terhindar dari gangguan atau lambatnya proses transmisi data pada LAN.

Sekarang, kalian sudah tahu kan, fungsi dari HUB? Apakah dengan artikel ini kalian jadi lebih melek teknologi jaringan komputer, atau bahkan tertarik untuk mendalaminya?

Related posts

Leave a Comment