Fungsi Tombol CTRL Pada Keyboard Komputer

Fungsi Tombol CTRL Pada Keyboard Komputer

Fungsi Tombol CTRL Pada Keyboard Komputer, pernahkah kalian bertanya-tanya tentang tombol pada keyboard tersebut?

Keyboard merupakan sebuah alat yang sering kali kita gunakan untuk mengetik sesuatu. Keyboard berasal dari dua kata, yaitu kata ‘key’ yang artinya kunci dengan ‘board’ yang berarti papan.

Keyboard ini memiliki bentuk layaknya sebuah papan yang mana pada papan tersebut terdapat banyak sekali tombol yang digunakan untuk mengetik.

Akan tetapi, dari sekian banyaknya tombol pada keyboard, pernahkan kalian bertanya-tanya fungsi dari tombol ‘CTRL’? Pasti tidak terpikirkan, bukan?

Sekilas Mengenai Tombol “CTRL’

‘CTRL’ berasal dari kata ‘Control’ yang namanya dipendekkan karena memang ukuran keyboard ini tidak terlalu besar.

Baca Juga :  AirPods Pro Resmi Dirilis, Berikut Fitur-Fitur dan Harganya!

Tombol yang satu ini biasanya digunakan untuk dikombinasikan dengan tombol lain, sehingga menjadi sebuah shortcut atau jalan pintas. Sehingga dapat mempercepat suatu kegiatan yang tengah kalian kerjakan.

Contohnya, jika kalian salah mengetik kalian tidak perlu menghapusnya kembali, tekan saja CTRL+Z nantinya teks tersebut akan kembali seperti semula. Seperti itulah cara kerjanya.

Fungsi Tombol CTRL Pada Keyboard Komputer 1

Jika kalian belum mengetahui apa saja tombol yang dapat dijadikan sebuah shorcut, maka akan saya bagikan sekarang, diantaranya:

  1. CTRL+A = Menyeleksi seluruh object.
  2. CTRL+S = Menyimpan File.
  3. CTRL+X = Memotong atau Cut.
  4. CTRL+C = Menyalin.
  5. CTRL+V = Menempelkan hasil salinan atau hasil cut.
  6. CTRL+P = Mencetak atau print.

Sebenarnya, terdapat banyak sekali shortcut yang dapat kalian ketahui. Tapi, shortcut tersebut dapat berfungsi pada program-program tertentu. Jadi, apa yang saya berikan di atas merupakan shortcut yang umum digunakan.

Baca Juga :  3 Keuntungan Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Fungsi Lain ‘CTRL’ Selain Dijadikan Tombol ‘Shortcut’

Selain menjadi sebuah tombol shorcut, ‘CTRL’ juga dapat digunakan untuk menyeleksi atau menandai sebuah object secara acak. Maksud dari secara acak ini, kalian dapat memilih diantara 10 object, kalian dapat memilih satu atau tiga objek secara acak.

Misalkan dalam satu folder, kalian memiliki 15 files, namanya punyaku1, punyaku2, punyaku3 dan seterusnya. Namun, kalian ingin menyalin beberapa files secara cepat.

Pada saat itulah, fungsi ‘CTRL’ dapat kalian gunakan, tahanlah tombol ‘CTRL’ lalu pilih beberapa files yang kalian inginkan tersebut dan setelah itu silahkan salin.

Sekarang, kalian sudah tahu, Fungsi Tombol CTRL Pada Keyboard Komputer. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan kepada teman-teman kalian baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Related posts

Leave a Comment