Fungsi VGA Card Pada Komputer

fungsi vga card pada komputer

Fungsi VGA Card pada Komputer ini masih sedikit yang mengetahuinya. Padahal, ini sangatlah penting agar kalian tidak salah pilih ketika membeli laptop atau komputer.

VGA atau Video Graphics Adapter, merupakan salah satu komponen komputer yang bersifat penting, namun tidak penting juga sih. Pasalnya, ada beberapa komputer yang sudah disematkan VGA On-board pada sistemnya, dan ada juga komputer yang tidak menyematkan VGA Off-board pada sistemnya, jadi terpisah.

Maka dari itu, penggunaan VGA Card ini tidak menjadi hal yang mutlak untuk diwajibkan ada pada suatu komputer, karena ada juga beberapa pengguna yang menggunakan fitur dari suatu komputer tanpa harus memerlukan VGA Card berkapasitas tinggi.

Berbeda halnya dengan RAM dan juga lainnya yang memiliki peran sangat tinggi dalam proses pemrosesan komputer. Penggunaan VGA ini lebih banyak mengarah pada kebutuhan yang ada hubungannya dengan grafis, mulai dari desainn 3D, main game dan lain-lainn.

Sejarah VGA Card

VGA Card ini bisa dibilang merupakan teknologi yang baru, karena jika dilihat dari waktu diciptakannya sebuah komputer, sampai dengan dipasarkannya VGA Card secara kormesil, terpaut waktu kurang lebih 30 tahun.

Komputer sudah mulai dikembangkan sekitar era 40 sampai 50an, sedangkan untuk VGA Card mulai dipasarkan secara komersil pada era 80a, lebih tepatnya tahun 1987 oleh perusahaan ternama IBM (Internasional Bussiness Machine).

Pengembangan VGA Card mulai berkembanng pesat, terutama pada saat ramai-ramainya kebutuhan 3D serta kebutuhan grafik dari pengguna komputer.

Sehingga, bermunculan lah banyak sekali Brand VGA Card sampai saat ini. Diantaranya:

  • S3 ViRGE
  • ATI RAGE 3D
  • NVIDIA NV3
  • NVIDIA NV4
  • NVIDIA GEFORCE Series
  • ATI RADEON Series

Fungsi VGA Card

fungsi vga card pada komputer 1

Fungsi utama VGA Card pada monitor adalah membantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi suatu tampilan layan grafik pada monitor.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Komputer Lemot yang Wajib Kalian Coba

Maka dari itu, pada beberapa jenis komputer yang tidak memiliki VGA Card, ataupun memiliki VGA Card dengan kualitas seadanya, maka tampilan yang timbul terlihat kurang baik dan juga tidak menarik sama sekali.

Selain berfungsi sebagai transmisi sinyal digital, bagi kalian yang punya VGA Card dengan kapasitas besar, maka bisa memperoleh keuntungan berikut:

  • Membantu membuat desain grafis dan desain 3D
  • Visual ketika bermain game jadi lebih baik
  • Visual layar jadi lebih tajam dan juga jernih
  • Dapat menghubungkan laptop atau PC ke layar TV dengan menggunakan HDMI
  • Sangat direkomendasikan untuk menonton film untuk mendapat ketajaman detail filmnya

Jenis-Jenis VGA Card

VGA Card pada suatu komputer memiliki dua jenis berbeda, diantaranya:

VGA On-Board

VGA on-board merupakan salah satu jenins VGA Card yang biasa kita temukan pada laptop atau komputer dengan spesifikasi yang terbilang standar, yang mana tidak digunakan untuk kegiatan gaming maupun desain grafis.

VGA on-board merupakan jenis VGA yang sudah menyatu dengan motherboard dari suatu laptop atau komputer. Hal tersebut menyebabkan VGA on-board tidak dapat melakukan update menjadi lebih tinggi lagi kualitasnya.

Jenis VGA satu ini lebih banyak digunakan pada fitur standar dari software, sehingga kebanyakan laptop ataupun komputer yang memiliki VGA on-board tidak perlu unggul dalam hal grafisnya.

VGA Off-Board

VGA off-board merupakann jenis VGA Card yang dapat dipasang pada suatu komputer. Karena VGA off-board inin merupakan jenis VGA card yang terpisah, maka ini merupakann pilihan yang tepat bagi kalian yang menginginkan hasil visual yang timbul memiliki kualitas yang baik.

Jenis VGA ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang seringkali bermain game, desain grafis dan sebagainya yang berhubungan dengan grafik. Apalagi, VGA off-board ini bisa di-upgrade juga.

Baca Juga :  Topologi Jaringan Komputer, Pengertian dan Macam-Macamnya (Lengkap)

Fungsi VGA Card pada komputer ini akan sangat membantu kalian yang lebih aktif menggunakan komputernya untuk kebutuhan bermain game maupun desain.

Related posts

Leave a Comment