Hadir 2020, Ini Kecanggihan Playstation 5

Spesifikasi Yang Gahar

sumber : ps5playstation.com

Sony sudah memastikan bahwa PlayStation 5 akan diluncurkan pada musim liburan 2020 atau menjelang akhir tahun. Berbagai bocoran sudah lalu lalang tentang konsol generasi baru ini, termasuk dari petinggi Sony itu sendiri.

Beberapa waktu lalu, Lead Architect PlayStation 4, Mark Cerny, menyebutkan bahwa konsol baru ini tidak hanya merupakan PlayStation 4 dengan spesifikasi yang di-upgrade, seperti layaknya PlayStation 4 Pro. Akan tetapi PlayStation 5 ini akan memiliki hardware yang benar-benar baru.

Dilansir dari ps5playstation5.com, PS5 ini akan menggunakan CPU 8 cores dan 16 threads dengan frekuensi 3.2Ghz yang berbasis dari AMD Ryzen generasi ketiga juga dibangun menggunakan arsitektur 7nm Zen 2.

Baca Juga :  Cara Mengubah Avatar pada PS4 untuk Mewakili Diri Kita Saat Online

Untuk GPU, PlayStation 5 akan menggunakan GPU AMD Radeon Navi dan konsol ini didukung dengan 8k graphics. Digunakannya GPU ini memungkinkan PlayStation 5 untuk memiliki fitur grafis ray-tracing, dan menjadi konsol game pertama yang mendukung fitur ini. Sony juga ingin mengoptimalkan pengalaman audio dengan menyiapkan PlayStation 5 agar mendukung 3D audio.

Salah satu perubahan besar untuk urusan spesifikasi adalah PlayStation 5 akan menggunakan Solid State Drive (SSD) untuk menggantikan Hard Drive(HDD). Dengan menggunakan SSD, Sony menjanjikan waktu loading dan gameplay yang lebih responsif. Hal ini Dibuktikan dengan game Spider-Man dimana PS4 membutuhkan loading overall sekitar 15 detik, di PS5 loading untuk game ini hanya membutuhkan waktu 0.8 detik saja.

Baca Juga :  Sambil Nunggu, Dengerin Dulu Soundtrack Ghost of Tsushima

Kontroller Generasi Baru

sumber : ps5playstation.com

Dalam postingan blognya, CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan mengungkap dua fitur utama dalam kontroler tersebut. Yang pertama adalah teknologi haptic yang menggantikan rumble, yaitu fitur untuk memberi getaran di kontroler. Penggunaan teknologi haptic ini bisa memberikan feedback getaran yang berbeda antara satu dengan lainnya. Inovasi kedua di kontroler ini adalah fitur yang diberi nama adaptive trigger, yang diaplikasikan ke dalam tombol trigger (L2 dan R2), gamer bisa merasakan sensasi tersendiri ketika menarik busur untuk melepaskan panah menggunakan tombol tersebut.

Detail lainya terkait keseluruhan playstation 5 akan diumumkan dalam setahun kedepan. Sambil menunggu, sony berharap bagi para fans untuk menikmati beberapa game untuk playstation 4 seperti Death Stranding, The Last of Us Part II, dan Ghost of Tsushima.

Related posts

Leave a Comment