Harga dan Spesifikasi Oppo A5s Terbaru

harga dan spesifikasi oppo a5s 8

Harga dan Spesifikasi Oppo A5s

Oppo A5s, sebuah smartphone primadona pada masanya yang sampai saat ini kami rasa masih layak untuk kita beli dan gunakan. Mengingat spesifikasi yang dihadirkan juga tidak terlalu minim-minim amat dibanding smartphone terbaru keluaran sekarang.

Dan juga, mengingat smartphone ini dibanderol dengan harga murah, maka sangat wajar jika spesifikasi yang disuguhkan tidak terlalu “Wah”. Kira-kira, seperti apa smartphone Oppo A5s ini?

Desain Oppo A5s

harga dan spesifikasi oppo a5s 3

Sama seperti pendahulunya Oppo A5, seri Oppo A5s memiliki desain cukup ramping dengan ketebalan 8,2 mm. Dilengkapi layar full screen seluas 6,2 inches, seri ini menawarkan desain notch berupa waterfall notch yang lebih elegan dibandingkan seri sebelumnya.

Bukan hanya pada bagian depan saja. Desain yang terkesan premium itu juga ditampilkan pada bodi bagian belakang. Sistem keamanan fingerprint sensor yang disematkan pada seri ini diberi desain oval dengan aksen emas, sehingga dapat memberikan kesan semakin elegan.

Oppo juga menghadirkan dua buah kamera pada masing-masing beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 dan 2 MP dengan aperture f/2.4 di atas fingerprint sensor. Selain daripada itu, ada juga LED flash yang dapat digunakan untuk membantu pencahayaan saat mengambil gambar.

Akan tetapi, sayangnya kesan elegan yang berusaha ditampilkan oleh smartphone ini tidak didukung dengan bahan material yang bagus. Dengan harga pasaran di bawah Rp 2 jutaan, material plastik menjadi pilihan mereka untuk digunakan pada bodi bagian belakang.

Smartphone dengan berat 170 gram ini pun tersedia dalam empat pilihan warna, yakni Red, Black, Gold dan juga Green.

Tentu hal ini membuat calon pengguna memiliki lebih banyak pilihan saat akan membeli ponsel dengan desain menawan ini.

Pada sisi kanan ponsel, terdapat tombol power yang berfungsi untuk on/off smartphone. Sedangkan tombol volume berada di sisi kiri, bersebelahan dengan slot untuk kartu microSD dan juga SIM Card.

Layar Oppo A5s

harga dan spesifikasi oppo a5s 4

Dihadirkan untuk kelas entry-level, ponsel ini masih belum menyematkan layar Full HD. Meskipun begitu, smartphone yang digadang-gadang sebagai generasi penerus OPPO A3s ini telah dibekali layar S-IPS LCD cappacitive touchscreen 16 juta warna.

Resolusi yang ditawarkan juga memang hanya 720 x 1520 pixels atau HD+ dengan kerapatan 271 ppi, kualitas gambar yang dihasilkan terbilang tajam dan jernih. Masih layak untuk digunakan menonton video streaming atau bermain game.

Desain poni berbentuk waterdrop yang digunakan pada ponsel ini juga membuat tampilan layar menjadi lebih luas. Apalagi dengan layar 6,2 inches yang didukung aspek rasio 19:9, membuat kita merasa nyaman ketika beraktivitas.

Layar ponsel ini juga dilengkapi dengan kemampuan multi-touch responsive dan fitur Blue Light Filter. Mendukung rasio layar 81,6 % Oppo juga menyematkan Corning Gorilla Glass 3. Pengguna akan lebih merasa aman karena layar jadi lebih terlindungi dari goresan dan benturan ringan.

Performa Oppo A5s

harga dan spesifikasi oppo a5s 5

Hadir di kelas entry-level, dapur pacu yang ditawarkan oleh smartphone ini berbeda dengan Oppo A5. Yang mana chipset Qualcomm Snapdragon 450 digantikan dengan chipset MediaTek Helio P35. Chipset ini didukung dengan prosessor Octa-core yang berkecepatan 2.3 GHz.

Chipset tersebut juga terbagi kedalam dua inti yang masing-masing berkecepatan Quad Core 1.8 GHz Cortex-A53 dan Quad Core 2.3 Cortex A-53.

Kinerjanya pun semakin oprimal dengan disematkannya GPU PowerVR GE8320 yang mampu mengoptimalkan tampilan saat bermain game.

Hanya saja, Oppo masih menyematkan sistem operasi Android 8.1. Interface dari smartphonne ini sendiri menggunakan Color OS 5.1. Berbagai fitur juga sudah disematkan untuk membuat kita merasa semakin nyaman ketika menggunakannya.

Untuk sistem keamanannya sendiri kita tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada dua sistem keamanan sekaligus yang disediakan pada ponsel besutan Oppo ini.

Pada bodi bagian belakang disematkan fingerprint sensor 0.3s. Sementara kamera depan dilengkapi face recognition yang berguna untuk face unlock.

Baca Juga :  Google Pixel 4 Bawa Fitur Kamera Pesaing iPhone 11

Fitur lain yang turut disematkan pada smartphone ini adalah Gesture Control, Noise Cancellation, Safe Box, App Hiden dan AI Battery Management. Dari hasil uji aplikasi benchmark, ponsel ini memiliki hasil yang terbilang memuaskan.

Kemudian, dengan adanya tiga variasi RAM yakni 2 GB, 3 GB dan 4 GB membuat pengguna dapat memiliki pengalaman yang baik dalam melakukan multistasking.

Internal storage yang disematkan pun diberi dua pilihan, ada 32 GB dan 64 GB sehingga daoat menyimpan file lebih banyak. Jika masih kurang, ada slot memori sebesar 256 GB yang bisa ditambahkan.

Untuk masalah koneksitivitas yang disematkan dalam smartphone ini juga sama seperti ponsel sekelasnya. Ponsel ini dilengkapi jaringan 4G/3G/2G, hotspot, WiFi Direct, dan Wi-Fi 802.11 b/g/n. Ada juga USB On-The-Go, port microUSB 2.0, GPS dan Bluetooth 4.2. Bagi penggemar radio, ponsel kelas entry-level ini juga menyediakan FM Radio.

Dapur pacu yang diusung oleh ponsel ini terbilang lebih mumpuni dibanding dengan Oppo A3s. Kecepatan lebih tinggi yang dihasilkan membuat performa Oppo A5s menjadi lebih baik ketika digunakan untuk membuka aplikasi berat seperti bermain game.

Chipset MediaTek Helio P35 juga disebut memiliki daya lebih hemat. Hal ini karena manufaktur yang digunakan hanya 12 nm . Sedangkan pada Oppo A3s yang menggunakan Snapdragon 450 masih 14 nm.

Meski spesifikasi OPPO A5s tidak jauh berbeda dengan OPPO A3s, performa yang ditawarkan pada smartphone ini terbilang lebih unggul.

Dengan keberadaan dapur pacu yang lebih baik, kita jadi terasa lebih dimanjakan dengan pengoperasian yang lebih ringan.

Pengunaan CPU yang lebih mumpuni juga menjadikan ponsel tersebut lebih hemat daya dibanding pendahulunya. Begitu juga kamera selfie yang ditanamkan memiliki kualitas lebih baik ketika digunakan dalam keadaan kurang cahaya.

Dengan harga yang dipatok murah, Oppo A5s juga tidak menyematkan fitur pengisian cepat meski memiliki baterai dengan daya tampung besar.

Jika kita lihat dari segi spesifikasi dan harga yang ditawarkan, smartphone ini rasanya sangat pas digunakan untuk para pengguna dengan kantong pas-pasan yang hobi bermain game dan selfie.

Kamera Oppo A5s

harga dan spesifikasi oppo a5s 6

Seperti tagline selfie expert yang diusung oleh vendor, Oppo A5s juga menawarkan pengalaman memotret yang mumpuni dikelasnya.

Melalui kamera depan beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0, kalian dapat memotret diri sendiri dengan hasil yang terbilang baik dan jernih.

Dilengkapi pula dengan adanya fitur flash camera, kalian bisa melakukan selfie lebih baik bahkan pada keadaan cahaya yang minim.

Ditambah, dengan adanya fitur A.I Beautification, baik di kamera bagan depan maupun bagian belakang, yang mampu memperbaiki tampilan wajah, para pecinta selfie cukup dimanjakan.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Oppo A3s, sensor ponsel ini lebih mumpuni. Aperture-nya yang lebih kecil membuat Oppo A5s lebih bisa menangkap cahaya.

Yang artinya, ponsel ini dapat melakukan selfie lebih baik ketika cahaya minim. Foto bokeh juga akan bisa ditangkap dengan lebih baik.

Sedangkan untuk kamera utamanya, Oppo menghadirkan dual-camera yang mampu menghasilkan efek bokeh atau blur saat digunakan.

Hadir dengan dua kamera yang mengusung resolusi 13 MP dan 2 MP, dilengkapi pula dengan fitur lampu LED Flash tertanam di bodi bagian belakang. Fitur aperture f.2/2 dan auto focus juga disematkan pada kamera utamanya.

Kualitas yang dihasilkan memiliki ketajaman dan perpaduan warna yang cukup baik untuk sekelasnya. Kamera ini juga dapat dilengkapi fitur HDR dan Panorama. Sedangkan kamera kedua memiliki aperture f 2/4 dan depth sensor.

Baterai Oppo A5s

Mengingat mereka membidik pasar kelas menengah ke bawah, Oppo A5s telah menanamkan baterai non-removable Li-Ion 4230 mAh.

Dengan daya sebesar itu, untuk penggunaan normal smartphone tersebut bisa digunakan seharian penuh tanpa harus melakukan pengisian baterai kembali.

Baca Juga :  10 HP Gaming Murah Terbaik Harga 1 Jutaan

Besarnya kapasitas baterai ini juga membuat kalian jadi lebih dimanjakan ketika sedang asyik bermain game. Akan tetapi, sayangnya kapasitas besar ini masih belum dilengkapi dengan fitur fast charging. Sehingga, kalian harus sedikit bersabar ketika melakukan pengisian baterai.

Spesifikasi Oppo A5s Lengkap

harga dan spesifikasi oppo a5s 1
Sumber: GSM Arena
NETWORK 2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 850 / 900 / 2100
4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 28(700), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps
LAUNCH Announced 2019, March
Status Available. Released 2019, April
BODY Dimensions 155.9 x 75.4 x 8.2 mm (6.14 x 2.97 x 0.32 in)
Weight 170 g (6.00 oz)
Build Glass front (Gorilla Glass 3), plastic back, plastic frame
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Type S-IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 6.2 inches, 95.9 cm2 (~81.6% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~271 ppi density)
Protection Corning Gorilla Glass 3
PLATFORM OS Android 8.1 (Oreo); ColorOS 5.2
Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
CPU Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
MEMORY Card slot microSDXC (dedicated slot)
Internal 32GB 2GB RAM, 32GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM
eMMC 5.1
MAIN CAMERA Dual 13 MP, f/2.2, AF
2 MP, f/2.4, (depth)
Features LED flash, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
SELFIE CAMERA Single 8 MP, f/2.0
Features HDR
Video 1080p@30fps
SOUND Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM radio
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
FEATURES Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BATTERY Non-removable Li-Ion 4230 mAh battery
MISC Colors Red, Black, Gold, Green
Models CPH1909, CPH1920

Kelebihan Oppo A5s

harga dan spesifikasi oppo a5s 2

Oppo A5s ini hadir dengan beberapa kelebihan yang kami rasa sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita. Apa saja itu?

a. Desain Lebih Futuristik

Selain Huawei, smartphone lain besutan Oppo juga selalu tampil dengan desain yang cantik dan futuristik. Oppo A5s ini memiliki cover belakang yang dibuat seolah-olah dilapisi kaca, sehingga tampilannya terasa lebih premium.

Ponsel ini juga sudah mengusung notch berbentuk waterdrop di bagian depan layarnya. Oppo A5s sendiri juga memiliki bezel yang cukup tipis sehingga layarnya terasa semakin luas.

Rasio dari bodi ke layarnya sendiri mencapai 81.6 cm. Ponsel besutan vendor asal Tiongkok ini tersedia dalam aneka pilihan warna, yakni red, black, gold dan green.

b. Kualitas Layar Lebih Apik

Oppo A5s dibekali dengan layar 6.2 inches yang menggunakan panel berteknologi IPS LCD. Hanya saja, Layar smartphone ini masih beresolusi HD+ 720 x 1520 pixel dengan kerapatan di bawah 400 ppi. Meskipun begitu, layar dengan rasio 19:9 ini masih nyaman untuk dipandang mata.

Layar dari smartphone Oppo A5s ini juga telah diproteksi dengan adannya pelindung layar Corning Gorilla Glass 3. Sehingga, kalian tidak perlu khawatir layar smartphone yang digunakan mudah tergores, dan juga kalian tidak membutuhkan anti gores tambahan lainnya.

c. Menggunakan Dual Camera

Seperti yang sudah kita ketahui, vendor Oppo ini terkenal sebagai produsen ponsel dengan kamera yang cocok untuk berfoto dan ber-selfie ria.

Tidak terkecuali dengan ponsel Oppo A5s ini. Smartphone ini dibekali dengan lensa 13 MP yang sudah didukung auto focus, serta memiliki satu lensa kamera tambahan berukuran 2 MP untuk sensor kedalaman dan foto dengan efek bokeh, alias background blur.

Kamera belakangnya ini sudah didukung dengan LED Flash serta fitur lainnya seperti HDR dan panorama. Hasil jepretan kamera belakangnya ini tergolong bagus, apalagi jika jepretannya diambil dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Baca Juga :  Spesifikasi Samsung Galaxy M31 Lengkap Bocor di Twitter

Kemudiann, untuk kamera selfie, Oppo membekali ponsel ini dengan kamera selfie berukuran 8 MP yang tentunya masih bisa menunjang kebutuhan swafoto kalian.

d. Performa Bagus Untuk Ponsel SeKelasnya

Beralih ke sektor performanya. Smartphone Oppo A5s ini dibekali dengan chipset besutan Mediatek, yakni Helio P35 dengan dukungan RAM sebesar 2 GB sampai dengan 4 GB (tergantung varian yang dipilih). Akan tetapi, ponsel ini masih menggunakan OS Android 8.1 (Oreo).

Smartphone ini tentu akan cocok jika digunakan untuk aktivitas ringan seperti halnya aktif di sosial media atau sekadar menonton video di YouTube, sampai dengan chatting melalui aplikasi messenger. Untuk memainkan game ringan tertentu juga sebenarnya masih kuat.

e. Baterai Lebih Awet

Sekarang kita beralih ke sektor baterainya. Smartphone Oppo A5s ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni 4230 mAh.

Berdasarkan dari beberapa hasil percobaan, smartphone satu ini mampu bertahan selama satu setengah hari, meskipun sedang digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas.

f. Sensor Lumayan Lengkap

Selain dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakang bodinya yang tergolong cepat dan akurat, serta teknologi face unlock yang juga cepat dalam membuka kunci layar, ponsel ini juga memiliki sensor-sensor keren lain. Diantaranya adalah proximity, compass, accelerometer dan juga gyroscope.

g. Dilengkapi Audio Jack 3.5 mm

Untuk ponsel zaman sekarang, biasanya sih sudah tidak mengusung audio jack 3.5 mm, mengikuti tren yang dipopulerkan oleh Apple.

Akan tetapi, tidak dengan smartphone Oppo A5s ini. Ponsel tersebut ternyata masih menggunakan audio jack 3.5 mm sehingga kalian dapat mendengarkan musik atau bermain game dengan menggunakan earphone atau headphone tanpa harus ribet memasang dongle atau konektor USB C.

Kekurangan Oppo A5s

harga dan spesifikasi oppo a5s

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata Oppo A5s juga memiliki sejumlah kekurangan yang bisa jadi pertimbangan kalian ketika hendak membeli smartphone tersebut. Apa saja?

a. Masih Menggunakan USB Tipe Mikro

Oppo A5s ternyata juga memiliki kekurangan tersendiri. Satu diantaranya adalah dari port USB-nya yang mana masih menggunakan USB bertipe mikro dan ini tergolong cukup jadul.

Sementara kebanyakan ponsel saat ini sudah menggunakan USB tipe-C dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat dan lebih baik.

b. Tidak Tahan Air dan Debu

Satu kekurangan lainnya yang dimiliki ponsel ini adalah tidak dilengkapi dengan teknologi water resistance. Sehingga, Oppo A5s ini tidak memiliki ketahanan terhadap air maupun debu.

c. Tidak Dilengkapi Sistem Stabilisasi Pada Sektor Kamera

Seperti yang kita ketahui, smartphone ini dilengkapi dengan dual camera di bagian belakang bodinya, serta satu kamera untuk berfoto selfie yang terletak pada notch di bagian depan.

Lensa kamera yang ada pada smartphone Oppo A5s ini memang sudah tergolong cukup untuk memenuhi kebutuhan kalian.

Hanya saja, untuk lensa kamera ponsel ini masih belum didukung dengan sistem stabilisasi apapun. Sehingga, akan ada guncangan yang mengganggu saat mengambil foto atau video.

d. Tidak Dilengkapi Fitur Fast Charging

Sayangnya, meski kapasitas baterai ponsel ini tergolong besar, namun Oppo A5s ini belum didukung dengan fitur fast charging yang memadai. Kurang lebih membutuhkan waktu sampai tiga jam untuk mengisi baterai smartphone tersebut sampai penuh.

Harga Oppo A5s

Berdasarkan informasi yang beredar saat ini, Oppo A5s berada pada kisaran harga Rp 1,5 jutaan, smartpone ini tergolong cukup cepat untuk ukuran smartphone sekelasnya.

Dengan harga yang cukup terjangkau, fitur dan performa yang ditawarkan juga cukup lengkap. Kira-kira, kalian tertarik membeli dan mencoba smartphone Oppo satu ini?

Sumber: GSM Arena, Cari Sinyal, Indodana

Related posts

Leave a Comment