HarmonyOS Ditawarkan oleh Huawei Kepada Para Vendor Ponsel Tiongkok

HarmonyOS

Huawei saat ini tengah merayu beberapa vendor ponsel ternama di Tiongkok untuk mengadopsi HarmonyOS, agar perusahaannya bisa lebih maju lagi.

Pada kuartal tahun 2020, Huawei sempat menjadi vendor ponsel ternama di dunia. Hanya saja, sekarang mereka harus berjuang lagi demi mempertahankan eksistensinya sebagai vendor ponsel tetap berjalan untuk kedepannya.

Perusahaan ini tengah berjuang untuk tetap survive melawan sanksi yang dilontarkan oleh pemerintah Amerika Serikat dan juga mereka memiliki beberapa trik yang dapat membuat perusahaannya tetap maju.

Guo Ping, Rotating Chairman Huawei, mengatakan bahwa perusahaan mereka saat ini tengah berfokus pada pengembangan ekosistem HMS-nya, setelah dilarang meggunakan layanan milik Google pada tahun lalu.

Baca Juga :  Huawei P40 Dengan Dual Boot Android dan HarmonyOS Segera Meluncur

Mereka akhirnya mengembangkan Huawei Mobile Services (HMS) milik sendiri dan menjadikannya tersedia untuk berbagai macam kebutuhan sebagai pengganti Google.

Dilansir laman Gizmochina, Huawei juga kabarnya bakal terus berinvestasi dalam konektivitas, komputasi berperforma tinggi, teknologi cloud dan juga Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasarn buatan. Dia juga menambahkan, bahwa perushaannya akan terus mendukung penuh mitra rantai pasokan yang masih bekerja sama dengan Huawei.

HarmonyOS 1
sumber: Artificial Intelligence Indonesia

Selain daripada itu, dipastikan bahwa Huawei memiliki chip yang mumpuni untuk keperluan komunikasi, server dan bisnis cloud.

Akan tetapi, Guo Ping menyatakan jika perusahaannya masih mencaari solusi untuk chipset ponsel yang dibutuhkan oleh perusahaan, yang berjumlah ratusan juta setiap tahun.

Baca Juga :  Harga HP Oppo Termurah 2020 Dibawah 2 Juta, Tertarik Beli?

Dia pun menambahkan bahwa perusahaan bersedia membeli chip dari perusahaan berbasis Amerika Serikat yang menerima lisensi dari pemerintahnya, salah satunya Qualcomm.

President of Huawei’s Consumer Cloud Services, Zhang Ping An, mengatakan bahwa perusahaan tengah dalam pembicaraan bersama para vendor Tiongkok, guna memperluas HarmonyOS.

Seandainya mereka berhasil membujuk vendor ponsel Tiongkok untuk mengadopsi HarmonyOS. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai pukulan keras bagi Google Android.

Belum lama ini, Intel dan AMD telah diberi lisensi oleh pemerintah Amerika Serikat untuk terus berbisnis dengan Huawei, hanya saja cakupannya masih belum diketahui. Bahkan, MediaTek dan SMIC juga telah mengajukan izin untuk memasok chipset ke Huawei.

Related posts

Leave a Comment