5 Jenis CMS Open Source atau Gratis yang Bisa Kalian Coba

jenis cms open source

Jenis CMS Open Source ini sebenarnya ada banyak, hanya saja ada beberapa saja yang direkomendasikan.

Saat ini, terdapat banyak sekali CMS yang digunakan untuk membuat sebuah website. Apa yang akan saya ulas kali ini, saya akan memberikan suatu gambaran dari jenis-jenis CMS yang dapat kalian dapatkan secara gratis dan bisa diunduh dengan mudah. Disamping gratis, tampilan yang digunakan pun sangat bagus.

Jika kalian telah mengetahui macam-macam CMS, maka sudah dapat dipastikan bahwa kalian tidak akan kesulitan jika saat hendak digunakan untuk membuat website pribadi atau mungkin sebuah online shop.

CMS ini memiliki beberapa Fasilitas Dasar, diantaranya:

  • Content Authoring, Editing and Management
  • Workflow, Collaboration and Security
  • Publishing
  • Standards Support
  • Technical Specifications

Jenis-Jenis CMS Open Source

jenis cms open source 1
Sumber: Dewa Web

Berikut ini merupakan daftar dari jenis-jenis CMS Open Source atau gratis yang dapat kamu unduh:

WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS open source yang paling sering digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Biasanya, CMS satu ini digunakan untuk membangun sebuah Blog.

WordPress ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL, wordpress juga termasuk kedalam CMS yang user friendly.

Joomla

Joomla diambil dari sebuah kata dari suku Swahili, yakni Jumla yang artinya ‘menjadi kesatuan’, bisa dikatakan memiliki kemampuan yang sama dengan Mambo, karena CMS ini kode awalnya adalah Joomla! 1.0.0 menggunakan kode Mambo 4.5.2.3.

Mambo

Pada awalnya, Mambo ini dikenal dengan nama Mambo Open Source atau MOS yang mana merupakan software open source content management system yang digunakan untuk membuat sebuah website melalui sebuah interface yang sederhana.

Sekarang ini Mambo banyak dipilih dan digunakan karena penggunaannya yang mudah dan juga diberikan untuk mengoperasikannya. Mambo menyediakan kemudahan dalam komponen-komponen seperti, Shopping Cart, Forum, Photo Gallery, Pools, Calendar Website Searching dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  TOUGHRAM Z-ONE RGB DDR4 3200MHz Resmi Dirilis Thermaltake

AuraCMS

AuraCMS merupakan hasil karya anak bangsa yang mana merupakan salah satu CMS untuk website berbasis PHP4 & MySQL berlisensi GPL (General Public License). Dengan bentuk yang sederhana dan mudah ini dapat digunakan oleh pemakai yang masih pemula sekalipun.

Drupal

Drupal merupakan CMS dan Blogging Engine yang pertama kali dikembangkan oleh Dries Buytaert sebagai sistem bulletin board. Sekarang, Drupal banyak digunakan oleh website besar yang memiliki traffic tinggi dan mempunyai tahap pengendalian yang kompleks.

Kira-kira, manakah jenis CMS Open Source pilihan kalian?

Related posts

Leave a Comment