Kelebihan dan Kekurangan Komputer Generasi Pertama

kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama

Kelebihan dan Kekurangan Komputer Generasi Pertama

Komputer saat ini sudah berjalan seiring perkembangan yang sangat pesat. Komputer dengan teknologi yang tinggi dan juga cepat sudah bukan menjadi hal yang mewah dan juga aneh, ini merupakan suatu hal yang biasa.

Akan tetapi, apabila kita menengok masa lalu, terutama pada komputer generasi pertama, seluruh teknologi dengan kecepatan processor serta memory yang besar tidak akan kita temukan pada komputer generasi pertama.

Komputer Generasi pertama (1940-an)

Pada era 1940-an, terciptalah suatu komputer generasai pertama, yang merupakan perkembangan dari mesin kalkulator sederhana. Komputer ini mulai dikembangkan ketika era 1942, dengan menggunakan banyak sekali komponen yang sangat besar.

Seorang Insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse berhasil membuat dan merakit sebuah komputer yang memiliki instruksi dan juga informasi yang spesifik, dan hanya bisa digunakan untuk kepentingan tertentu saja.

Pembuatan komputer generasi pertama dibuat dengan pemrograman bahasa mesin yang memiliki kode biner 0 dan 1. Komputer generasi pertama lebih banyak memiliki kelemahan dan juga kekurangan apabila dibandingkan dengan kelebihannya.

Kelebihan Komputer Generasi Pertama

kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama 1

Memotivasi Para Ilmuan Menciptakan Komputer Terbaik

Komputer generasi pertama berhasil menjadi pemicu bagi para ilmuwan dan juga para insinyur untuk mengembangkan komputer menjadi lebih baik lagi.

Hal ini ditunjukkan dengan perkembangan sejarah komputer, dimana setelah komputer generasi pertama, muncullah komputer generasi kedua, dan seterusnya hingga saat ini. Mungkin saja kita hari ini tidak akan kenal dengan komputer apabila komputer generasi pertama tidak pernah ada.

Memicu Perkembangan Pabrik Pembuat Komputer

Yang kedua adalah, komputer generasi pertama membuat banyak perusahaan teknologi dan beberapa manufaktur berlomba untuk membuat dan juga mengembangkan komputer mereka.

Baca Juga :  Anime Kemono Friends Berhasil Berikan Hal Positif Pada Usaha Perlindungan Hewan

Tercatat ada beberapa perusahaan teknologi yang ikut andil dalam persaingan komputer generasi pertama, seperti IBM, UNIVAC, BURROGHS, dan HONEYWELL. Komputer generasi pertama sendiri juga memiliki banyak jenis dan tipe, sesuai dengan pabrik pembuatnya, seperti:

  • ENIAC
  • MARK II
  • EDSAC
  • MARK III
  • UNIVAC 1
  • UNIVAC II
  • IBM 650
  • ADVAC

Mekipun hanya memiliki sedikit kelebihan namun kita harus berterima kasih kepada para insinyur yang saat itu berhasil menciptakan komputer, yang saat ini terus berkembang.

Kekurangan Komputer Generasi Pertama

Berbicara mengenai komputer generasi pertama, hampir semua aspek dari komputer generasi pertama memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki oleh komputer generasi pertama:

Berukuran Sangat Besar

Salah satu kekurangan dari komputer generasi pertama adalah ukurannya yang sangat besar. Untuk satu mesin komputer saja membutuhkan ruangan seluas kamar tidur. Hal ini tentu saja sangat tidak efisien dalam hal tata letak, dan membuat komputer generasi pertama ini tidak cocok untuk digunakan secara personal.

Memakan Konsumsi Listrik yang Besar

Selain membutuhkan ruang yang luas dan juga besar, kompouter generasi pertama juga membutuhkan daya listrik yang sangat besar.

Butuh banyak daya untuk membantu menyalakan dan juga mengoperasikan komputer generasi pertama. Hal ini juga disebabkan karena kapasitas penyimpanan memory nya yang terdiri dari puluhan ribu tabung yang berukuran besar, dan juga membutuhkan daya yang sangat besar.

Cepat Panas

Selain membutuhkan ruang dan juga daya listrik yang besar komputer generasi pertama juga memilki kekurangan, yaitu cepat panas.

Komputer ini juga menghasilkan panas yang tinggi, sehingga membutuhkan sistem AC atau pendingin ruangan yang cukup banyak apabila ingin dioperasikan. Apabila tidak menggunakan pendingin ruangan, maka komputer ini tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Baca Juga :  Benarkah Teknologi Membantu Kita Mencapai Potensi Sejati ?

Processor yang Lambat

Dengan daya listrik yang boros, dan juga ukuran yang besar, ternyata tidak berdampak pada pemrosesan informasi yang besar.

Malahan, komputer generasi pertama memiliki kecepatan pemrosesan informasi yang sangat lambat, dan butuh kesabaran untuk menunggu pemrosesan informasi tersebut berlangsung.

Hal ini terjadi karena processor yang lambat, seolah-olah layaknya komputer sering hang akibat data yang berlebih, oleh karena itu processor menjadi fokus utama dalam penerapan komputer yang lebih baik agar kinerja komputer tersebut lebih maksimal.

Hanya Bisa Digunakan Untuk Kepentingan Spesifik

Satu komputer untuk satu tujuan saja. Itulah ciri dari komputer generasi pertama, sekaligus kekurangannya. Jadi, apabila komputer tersebut diciptakan untuk membuat suatu produk, maka komputer itu selamanya hanya akan bisa membuat satu produk saja.

Untuk bisa melakukan hal lainnya, anda harus membuat komputer lainnya. Sangat tidak efisien dan juga sangat memakan waktu, yang merupakan kekurangan terparah yang dimiliki oleh komputer generasi pertama.

Kapasitas Harddisk yang Kecil

Meskipun memiliki puluhan ribu tabung besar yang digunakan sebagai media penyimpanan, namun ternyata tetap saja kapasitas penyimpanan memory pada komputer generasi pertama tergolong sangat kecil. Sangat tidak sebanding dengan puluhan ribu tabung memory dan juga ukuran komputer yang sangat besar saat itu.

Hanya Bisa Dioperasikan Menggunakan Bahasa Mesin

Jangan harap anda orang awam bisa mengopresikan komputer generasi pertama. Tanpa didukung sistem operasi, komputer generasi pertama hanya bisa dijalankan dengan menggunakan bahasa pemrograman mesin, yang jauh lebih rumit dan juga repot bahkan jka dibandingkan dengan sistem operasi DOS sekalipun. Hal ini memastikan bahwa hanya seorang insinyur sajalah yang sanggup mengoperasikan komputer generasi pertama.

Baca Juga :  Grab dan Microsoft Resmi Kolaborasi untuk Mendukung Majunya Bisnis Tanah Air

Lebih Banyak Digunakan Untuk Bisnis

Komputer generasi pertama juga lebih banyak digunakan untuk kepentingan bisnis. Belum bisa digunakan untuk kepentingan personal, seperti mengetik dan mendengarkan lagu seperti saat ini.

Hanya Dimiliki Oleh Kalangan Terbatas

Yang dapat memilki komputer generasi pertama pun merupakan kalangan terbatas, tidak seperti saat ini, dimana semua orang bisa, bahkan wajib memilki koputer.

Komputer generasi pertama hanya bisa dimilik oleh mereka yang kaya, dan memiliiki ruangan khusus yang luas, serta kebanyakan hanya bisa dipesan oleh perusahaan-perusahaan saja.

Sekarang, kalian sudah tahu kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama. Menurut tanggapan kalian gimana?

Sumber: DosenIT

Related posts

Leave a Comment