Pengertian Bootloop dan Cara Mengatasinya Pada Hp Android

Pengertian Bootloop dan Cara Mengatasinya Pada Hp Android

Pernah mendengar Bootloop? Mungkin pasti 5 dari 10 orang sudah mengetahui pengertian Bootloop cara mengatasinya pada hp Android itu sendiri dan sisanya masih awam mengenai hal tersebut, maka dari itu artikel ini dibuat.

Pengertian Bootloop

Bootloop merupakan suatu problem yang terjadi dikarenakan adanya suatu permasalahan pada sistem androidnya, yang mana nantinya android tidak dapat melakukan startup sebelum memasuki tampilan awal atau home.

Biasanya, android akan secara otomatis kembali lagi ke state awal pada saat proses booting atau bisa saja stuck pada logo brandnya bahkan mati total pun dapat terjadi. Dengan begitu kalian pasti tidak dapat mengoperasikan smartphone kalian.

Pengertian Bootloop dan Cara Mengatasinya Pada Hp Android 1
Sumber: Jalan Tikus

Sebenarnya, pada tiap masalah bootloop pasti memiliki kasus-kasus yang berbeda, maka dari itu sangat penting bagi kalian untuk mengetahui seluk beluk bootloop itu sendiri mulai dari jenis permasalahan bootloop, cara memperbaiki, penyebabnya dan masih banyak lagi.

Terkadang hal yang biasa umum terjadinya bootloop adalah dikarenakan kalian terlalu gegabah saat mengoperasikan maupun menindak suatu permasalahan pada android. Karena pasalnya setiap android pasti berbeda-beda dalam mengatasi permasalahannya, jadi ada baiknya jangan terlalu gegabah karena terlalu beresiko.

Baca Juga :  Google Pixel 4 Bawa Fitur Kamera Pesaing iPhone 11

Macam-Macam Bootloop

Bootloop pada android ini terbagi menjadi tiga macam:

1. Light Bootloop

Light Bootloop ini sangatlah mudah untuk diatasi. Tanda-tanda android terkena light bootloop biasanya jika kalian tengah asyik bermain game dan saat smartphone tersebut direstart pada saat boot akan stuck pada logo brandnya.

Hal tersebut terjadi karena ada kesalahan pada system android atau mungkin karena kalian sering install aplikasi yang tidak dapat dipercaya pada android kalian. Jadi, tetap berhati-hatilah.

Untuk cara mengatasinya cukup mudah. Biasanya hanya dengan mencabut baterainya, kemudian pasang kembali saja pada android kalian sudah dapat dioperasikan lagi. Akan tetapi, jika masih stuck, kalian dapat mencoba dengan melakukan wipe data pada recovery mode.

2. Medium Bootloop

Medium Bootloop ini biasa terjadi karena user selalu meng-oprek smartphone android yang dipakai. Untuk medium bootloop masih dapat memasuki recovery mode jadi, tenang saja.

Baca Juga :  Legend of Runeterra Mobile dan PC Rilis Akhir Bulan Ini!
Untuk cara mengatasinya, ada dua cara:
  • Dengan memasuki Recovery Mode lalu lakukanlah Factory Reset atau Wipe Data, jika berhasil smartphone akan kembali hidup. Hanya saja, beberapa data (tepatnya pada memory internal) akan hilang.
  • Dengan menggunakan sebuah PC Windows serta File Recovery Image untuk melakukan restore boot image yang dipakai dan satu lagi adalah CWM. Hanya, saja cara tersebut dapat dilakukan jika kalian telah melakukan backup data sebelum-sebelumnya. Tapi, tenang. Jika kalian belum melakukan backup, silahkan unduh milik orang lain sesuai dengan tipe android yang dimiliki.

3. Hard Bootloop

Hard Bootloop atau kerap dikenal dengan hardbrick merupakan sebuah bootloop yang memiliki tingkatan paling berbahaya, karena pada saat terkena sudah dipastikan android kalian tidak dapat hidup “Sama sekali”.

Hal tersebut terjadi karena kalian telah melakukan proses rooting pada android yang digunakan. Atau karena mengubah font bahkan karena mengubah ROM standar android tersebut.

Baca Juga :  AirPods Pro Resmi Dirilis, Berikut Fitur-Fitur dan Harganya!

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan flashing. Saya tidak akan memberitahukan bagaimana caranya, kenapa? Karena tiap smartphone pasti akan memiliki cara flashing yang berbeda-beda. Jadi, silahkan cari oleh kalian sendiri.

Cara Mencegah Agar Tidak Terkena Bootloop

Pengertian Bootloop dan Cara Mengatasinya Pada Hp Android 2
Sumber: Gadgetren

Ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan agar tidak terkena penyakit yang biasa terjadi pada android ini. Diantaranya:

  1. Jangan asal meng-install ROM untuk android yang digunakan.
  2. Selalu lakukan Backup ROM, Aplikasi, Kontak, Pesan dan Penyimpanan kalian sebagai pencegahan.
  3. Berhati-hati saat install aplikasi di luar Google Play Store.
  4. Jangan asal klik pada saat melakukan browsing.

Sekarang kalian sudah mengetahui seluk beluk dari bootloop itu sendiri. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika terjangkit penyakit yang satu ini, karena sudah tahu pengertian bootloop dan cara mengatasinya pada hp Android, sehingga kalian dapat terhindar dari hal tersebut.

Related posts

Leave a Comment