Pengertian dan Fungsi Komputer Server dan Client

Pengertian dan Fungsi Komputer Server dan Client

Kira-kira, apa sih fungsi dari komputer server dan client ini?

Pada jaringan komputer, terdapat dua jenis komputer yang berbeda yakni komputer server dan komputer client. Kedua komputer tersebut saling terkait satu sama lain, namun memiliki fungsi dan peranan yang berbeda. Apa yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai Pengertian dan Fungsi Komputer Server dan Client.

Pengertian dan Fungsi Komputer Server dan Client 1
Sumber: YouTube

Pengertian Komputer Server

Server pada komputer ini diartikan sebagai penyedia jasa, pelayan dan lain-lain. Jadi, dapat disimpulkan bahwa komputer server ini digunakan untuk melayani permintaan dari komputer client. Jadi, apa yang diinginkan oleh client, akan dilayani oleh si server tersebut.

Baca Juga :  Cara Menampilkan Recycle Bin yang Hilang

Server itu sendiri terdiri dari berbagai macam, mulai dari web server, server aplikasi dan masih banyak lagi. Namun tetap saja, intinya server ini digunakan untuk melayani permintaan dari client.

Pengertian Komputer Client

Setelah tadi mengulas mengenai komputer server, sekarang adalah komputer client. Komputer client merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang telah diambil dari komputer server.

Client ini berfungi untuk menerima pelayanan atau meminta pelayanan dari server. Sehingga, dapat dikatakan bahwa client ini berperan sebagai pengakses informasi dari server itu sendiri.

Perbedaan Komputer Server dan Client

Pengertian dan Fungsi Komputer Server dan Client 2
Sumber: O’Reilly

Jika kalian yang masih kebingungan dalam mencari perbedaan dari kedua komputer tersebut. Maka kalian WAJIB untuk membaca artikel ini hingga selesai.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Instagram Error di Android

Suatu cara yang dapat kalian gunakan untuk membedakannya terdiri dari tiga cara:

1. Sistem Operasi yang Digunakan

Pada komputer server dan komputer client ini memiliki sistem operasi (OS) yang berbeda. Biasanya, untuk komputer server pasti menggunakan Windows Server, MAC OS Server dan lain-lain.

Komputer server ini memiliki sistem operasinya sendiri, karena nantinya akanu digunakan untuk menjadi pusat dari seluruh jaringan komputer yang ada. Jadi, kalian jangan sampai asal-asalan saat meng-install OSnya.

Sedangkan untuk komputer client itu sendiri menggunakan sebuah komputer biasa. Hanya saja OS yang digunakan adalah Windows XP/Vista/7/8/8.1/10, Linux dan masih banyak lagi.

2. Spesifikasi yang Digunakan Komputer Server dan Komputer Client

Ternyata, dari segi spesifikasi pun dapat kalian jadikan sebuah acuan untuk membedakan kedua komputer tersebut.

Baca Juga :  3 Fungsi HUB Dalam Jaringan Komputer
Spesifikasi untuk Komputer Server
  • Min. Processor 2.66 GHz, Fsb 1066.
  • Min. RAM 2GB.
  • Internet 100/10 Mbps.
  • OS Microsoft Vista atau Server.
  • Dan lain-lain.
Spesifikasi untuk Komputer Client
  • Min. Processor Intel Pentium IV 2.66 GHz.
  • Min. RAM 512MB.
  • Keyboard dan Mouse.
  • HDD 120GB.
  • Dan lain-lain.

Nah, itulah Pengertian dan Fungsi Komputer Server dan Client, sekaligus dua cara jitu untuk mengetahui perbedaan komputer server dengan client. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian.

Related posts

Leave a Comment