Perbedaan Antara USB 2.0 dan 3.0 yang Perlu Kalian Ketahui!

perbedaan antara usb 2.0 dan 3.0

Saat menghubungkan suatu perangkat, kita seringkali menjumpai istilah USB 2.0 dan USB 3.0. Faktanya, ada perbedaan yang jelas antara kedua jenis USB tersebut. Meskipun mirip dan bisa digunakan dengan cara yang sama, namun ada beberapa aspek yang membedakan kedua USB tersebut.

Sekilas, colokan atau port antara USB 2.0 dan 3.0 memiliki bentuk yang sama persis. Akan tetapi, guna membedakannya beberapa produsen menggunakan plastik isolasi biru untuk melabeli USB 3.0.

Pengertian USB

perbedaan antara usb 2.0 dan 3.0 1

Sebelum kita masuk ke pembahasan perbedaan antara USB 2.0 dan 3.0, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu apa itu USB.

USB (Universal Serial Bus) merupakan standar bus serial yang biasanya kita gunakan untuk komputer, namun tak sedikit juga yang digunakan untuk device lain, seperti halnya console game, smartphone dan sebagainya.

Berdasarkan apa yang tertulis di Wikipedia, desain USB ditujukan untuk menghilangkan penambahan expansion card ke ISA komputer atau PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play dengan mengizinkan kita untuk beberapa komponen dihubungkan ke sistem tanpa perlu melakukan reboot terlebih dahulu.

Ketika USB dipasang, maka akan langsung dikenali oleh sistem komputer. Dengan begitu, kita dapat menghubungkan beberapa perangkat tambahan, seperti mouse, keyboard, scanner dan sebagainya dengan sangat mudah.

Berikut merupakan sejarah kelahiran berbagai macam versi USB:

  • Pre-Rilis
    • USB 0.7 – November 1994
    • USB 0.8 – Desember 1994
    • USB 0.9 – April 1995
    • USB 0.99 – Agustus 1995
    • USB 1.0 Release Candidate – November 1995
  • USB versi 1
    • USB 1.0 – Januari 1996
  • USB versi 2
    • USB 2.0 – April 2000
  • USB vers 3
    • USB 3.0 – November 2008

Perbedaan Antara USB 2.0 dan 3.0

perbedaan antara usb 2.0 dan 3.0 2

Untuk membandingkan antara USB 2.0 dan 3.0, ada beberapa perbedaan utama yang harus kalian ketahui, yaitu:

a. Kecepatan Transfer

USB 2.0 memiliki kecepatan transfer data sekitar 480 Mb/s, sedangkan USB 3.0 menawarkan kecepatan hingga 4.8 Gb/s, puluhan kali lebih cepat. Ingatlah bahwa kecepatan transfer data ini juga tergantung pada device yang kalian gunakan.

b. Pemakaian Daya

USB versi 2 dapat mendistribusikan arus hingga 500 mA, sedangkan USB versi 3 dapat mendistribusikan arus hingga 900 mA.

c. Tingkat Efisiensi

Teknologi 3.0 memberikan efisiensi energi yang lebih baik dengan konsumsi daya lebih rendah dalam mode siaga. Dan fitur ini tidak dimiliki oleh 2.0.

d. Metode Transfer Data

Kedua tipe USB ini menggunakan metode transfer data yang berbeda. USB 2.0 memanfaatkan metode half-duplex (komunikasi transfer data yang dilakukan satu arah), sementara USB 3.0 menggunakan metode full-duplex (komunikasi transfer data yang dilakukan dalam dua arah). Artinya, dengan USB 3.0 kita bisa mengirim sekaligus menerima data sekaligus.

e. Perbedaan Bentuk

Dari segi bentuk, USB versi 2 dan versi 3 memang tidak banyak berbeda. Namun, ada sedikit model ukiran dari USB versi 2 jadi versi 3. Setelah itu, bantalan USB versi 2 memiliki 4 jalur kabel, sementara USB versi 3 memiliki jumlah yang lebih banyak, yakni 9 jalur kabel.

f. Perbedaan dari Panjang Kabel

Jika kita lihat dari panjang kabelnya, ternyata USB versi 2 memiliki panjang kabel hingga lima meter, sementara USB versi 3 hanya tiga meter saja.

Nah, itulah perbedaan antara kedua USB tersebut. Saat ini, kebanyakan perangkat sudah support USB 3.0, maka tidak heran jika kecepatan transfernya jadi jauh lebih cepat, file besar pun bisa kita pindahkan dalam waktu singkat.

Related posts

Leave a Comment