Perbedaan Processor Intel dan AMD

Perbedaan Processor Intel dan AMD

LoTECH bdg – Tahukah kalian apa perbedaan processor Intel dan AMD? Processor merupakan komponen penting yang berjalan sebagai otak dari sebuah komputer. Sehingga, kita harus pintar-pintar ketika memilih maupun memilah suatu processor.

Saat ini ada dua brand ternama yang menyajikan processor powerfull, yakni Intel dan AMD. Keduanya memiliki keunikan tersendiri, terutama dalam hal performa.

Seandainya kalian hendak membeli processor baru dan kebingungan untuk memilih processor mana yang cocok untuk kebutuhan komputer, kami akan mengulas seputar perbedaan processor Intel dan AMD pada artikel kali ini.

Perbedaan Prosesor Intel dan AMD

Perbedaan Processor Intel dan AMD 1

Baik Intel maupun AMD, keduanya memiliki processor yang sama-sama powerfull, hanya berbeda dari segi kebutuhan saja.

Contohnya, kebanyakan orang membeli processor Intel karena memang digunakan untuk menjalankan program multimedia, dan processor satu ini tidak cocok untuk digunakan gaming. Sementara AMD adalah sebaliknya.

Walaupun Intel bisa juga memainkan berbagai game berat, menurut kami processor tersebut tidak akan setangguh AMD untuk urusan gaming. Apa saja perbedaan processor Intel dan AMD?

1. Kecepatan Clock Processor

Perbedaan Processor Intel dan AMD 2

Intel lebih fokus pada kecepatan olah perintah dari processor. Intel memiliki processor dengan base clock 3.8 GHz dan bisa kalian overclock sampai 5.1 GHz.

Sedangkan AMD, rata-rata CPU dan APU-nya memiliki base clock antara 3.5 GHz hingga 5.0GHz. Mereka menganggap bahwa angka ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan proses komputasi.

2. Suhu Processor

Perbedaan Processor Intel dan AMD 3

Processor Intel dikenal kareka tidak cepat panas ketimbang AMD, bahkan processor Intel biasanya memiliki rating Thermal Design Point (TDP) sebagai penanda bahwa processor tersebut tidak mudah menimbulkan suhu panas berlebihan.

Suhu bukanlah hal yang harus kita pandang sebelah mata, seandainya suhu processor makin panas, performa yang diberikan pun bakal makin menurun. Bahkan bisa saja malah jadi boros listrik.

Apa yang membuat AMD jadi lebih cepat panas ketimbang Intel? Ini terjadi karena processor AMD memiliki jumlah core yang lebih banyak, semakin banyak core performa device makin kencang pula, akan tetapi processor juga jadi lebih cepat panas.

3. Performa Serta Kualitas Grafis

processor terbaik 1

Dari segi grafis, Intel memang tidak begitu mencolok. Pasalnya, mereka memfokuskan diri untuk menyajikan processor yang bekerja lebih optimal serta efisien. Sehingga, mereka bakal lebih mengandalkan GPU external untuk menunjang grafis mereka.

Berbeda dengan Intel, grafis dari AMD bisa dibilang lebih baik. Selain itu, jika kita lihat dari berbagai benchmark, efisiensi skor dari AMD terlihat meningkat secara drastis.

4. Kemampuan Multimedia

processor terbaik 1

Dari segi grafis memang kalah, namun untuk masalah kemampuan Multimedia, Intel masih tetap mendominasi. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh Intel terlihat lebih tajam dibanding AMD. Maka dari itu, bagi kalian yang bekerja di digital, baik itu digital artist, editor video dan sebagainya, Intel sangat kami rekomendasikan.

5. Ketersediaan Motherboard

processor terbaik 3

Di pasaran, kebanyakan yang kita temukan adalah motherboard yang kompatibel untuk processor Intel. Motherboard dikhususkan untuk AMD bisa dibilang cukup sulit untuk ditemukan, tapi bukan berarti tidak bisa dicari, dengan kemudahan online shop kalian dapat menemukan motherboard AMD dengan mudah.

6. Harga

processor terbaik

Mengingat biaya untuk menciptakan performa produk-produk dari Intel ini tergolong tinggi, sehingga membuat harga yang dibanderol cukup mahal. Meskipun begitu, mereka dapat menjami bahwa produknya memiliki performa optimal, baik dari suhu, efisiensi konsumsi daya dan sebagainya.

Untuk processor AMD tergolong lebih murah, sehingga penjualannya meningkat drastis dari waktu ke waktu. Murahnya harga jual, masyarakat luas pun jadi lebih tertarik untuk membeli processor satu ini.

Related posts

Leave a Comment