Tiongkok Saat Ini Tengah Kembangkan Jaringan 6G?

tiongkok kembangkan jaringan 6g

Ada rumor bahwa Tiongkok sudah mulai kembangkan jaringan 6G. Padahal saat ini teknologi jaringan 5G masih belum merata di seluruh dunia.

Tiongkok sendiri memang menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi teknologi jaringan 5G pada tahun 2019 lalu. Selain itu, Negeri Tirai Bambu tersebut kini menjadi pasar terbesar bagi pengguna 5G.

Tak tinggal diam, Tiongkok mulai mencoba mempertahankan posisi terdepan di bidang teknologi jaringan seluler dengan mengembangkan jaringan 6G.

Ini bukan pertama kalinya rumor terkait perkembangan internet terbaru muncul. Pertengahan tahun lalu, beredar informasi serupa tentang rencana Tiongkok perihal jaringan di negara tersebut.

Dibandingkan dengan 5G, teknologi 6G memiliki keunggulan yang signifikan dan memiliki potensi besar dalam aplikasi militer.

tiongkok kembangkan jaringan 6g 1

Selain itu, terdapat laporan bahwa dua perusahaan telekomunikasi berencana membantu pemerintah Tiongkok dalam pengembangan jaringan 6G.

Perusahaan pertama adalah Huawei, yang akan mencoba membangun jaringan 6G untuk pertama kalinya. Perusahaan teknologi Tiongkok ini adalah salah satu perusahaan terkemuka yang mengembangkan bisnis 5G di seluruh dunia.

Selain itu, Gizchina menyebut perusahaan teknologi asal Tiongkok, ZTE, dikabarkan mulai mengembangkan jaringan 6G.

Perusahaan juga menekankan bahwa tim pra-penelitiannya telah meningkatkan kinerja untuk mengatasi berbagai teknologi prototipe 6G utama.

Ren Zhengfei, CEO dan pendiri Huawei, mengatakan pada Juni 2020 bahwa perusahaannya akan menjadi pemimpin dalam proyek pengembangan jaringan 6G.

Huawei juga bekerja sama dengan Galaxy Aerospace Corporation dan China Unicorn Corporation untuk mencapai integrasi udara-darat untuk mengembangkan jaringan.

Huawei bahkan mendirikan pusat R&D (pengembangan dan penelitian) 6G di Prancis. Pada saat yang sama, ZTE menekankan pada 28 Desember bahwa perusahaan telah berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan 6G.

ZTE juga aktif berpartisipasi dalam pertukaran dan kerja sama dengan perusahaan di industri untuk membantu Tiongkok kembangkan jaringan 6G.

tiongkok kembangkan jaringan 6g 2

Menurut prediksi Ren Zhengfei pada Juni tahun lalu, dia menjelaskan bahwa sepertinya butuh waktu lama untuk mengembangkan jaringan 6G ini.

Zhengfei bahkan memperkirakan jaringan 6G baru bisa diluncurkan ke publik pada 2030. Ini berarti komunitas internasional harus menunggu selama hampir sepuluh tahun untuk menggunakan jaringan baru tersebut. Semoga saja kita tidak perlu menunggu selama itu untuk menikmati internet 6G.

Related posts

Leave a Comment