Trace Together, Aplikasi Pelacak COVID-19 Karya Anak Bangsa

Aplikasi Trace Together

Dalam rangka menindaklanjuti terkait upaya pemerintah untuk melakukan pemantauan terhadap penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Indonesia.

Pada akhirnya, kini telah diluncurkan aplikasi baru karya anak bangsa yang diklaim dapat kita andalkan untuk melakukan pemantauan sekaligus perkembangan bagi pengidap virus tersebut.

Fungsi utama dari aplikasi Trace Together ini yaitu sebagai surveilans yang tidak lain merupakan analisis sekumpulan data yang disebarkan untuk melakukan pencegahan penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Kemudian, aplikasi ini juga memiliki nama yang memang mirip seperti yang ada di Singapura, akan tetapi untuk masalah fungsi yang dimiliki sangatlah berbeda, karena yang dibuat oleh anak bangsa sendiri untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 lebih baik ini.

Aplikasi Trace Together 1

Johnny G. Plate, selaku mentri Kominfo telah mengatakan bahwa aplikasi Trace Together tersebut telah dikembangkan oleh operator telekomunikasi dan nantinya bakal langsung terpasang pada smartphone pengguna yang memang telah diklaim positif mengidap COVID-19.

Kemudian, setelah itu baru akan segera dilakukan penelusuran, pelacakan yang memang ditujukan untuk segera mengekarantina si pengidap COVID-19 tersebut agar tidak banyak yang terkena virus.

“Ini untuk pasien positif COVID-19 yang memberikan nomor teleponnya dan secara sukarela dan berdasarkan nomor telepon itu nanti Kementerian Kesehatan yang akan melakukan tracing dan penelitian dan interaksi secara langsung dengan pasien,” seperti itulah yang disampaikan oleh Johnny sebagaimana yang sudah dikutip dari detikINET.

Perihal riwayat pergerakan pasien positif yang telah dilakukan analisa ini berlangsung selama kurang lebih 14 hari kebelakang, sejak dinyatakan telah terjangkit oleh virus COVID-19. Dan dikatakan juga bahwa aplikasi ini bakal terhubung dengan operator seluler lainnya untuk menghasilkan visualisasi serupa.

“Berdasarkan hasil tracking dan tracing, nomor di sekitar positif COVID-19 yang terdeteksi akan diberikan peringatan untuk segera menjalankan protokol Orang Dalam Pengawasan (ODP),” keterangan tambahannya.

Baca Juga :  Google Stadia. Saingan Apple Arcade Siap Meluncur.

Setelah itu, Menkominfo juga telah menyebutkan jika aplikasi Trace Together ini terintegrasi dengan Satgas (Satuan Petugas) COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kominfo dan juga Kementerian Kesehatan untuk melakukan langkah penghentian atau penyebaran meluasnya virus COVID-19 di Indonesia.

Related posts

Leave a Comment