Windows 7, Selamat Jalan dan Terima Kasih!

Selamat Jalan Windows 7

Mari kita ucapkan selamat jalan pada Windows 7. Karena sistem operasi buatan Microsoft yang populer di tahun 2010-an ini akan segera “mati”.

Mungkin saat ini, sebagian besar pengguna komputer di dunia sudah mulai menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 10. Namun, tentunya tidak sedikit juga pengguna komputer di dunia ini yang masih setia dengan sistem operasi ini.

Windows 7 dirilis oleh Microsoft pada 22 Juli 2009. Dan dirilis ke publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah perilisan sistem operasi pendahulunya, Windows Vista.

Perilisan Win 7 dimaksudkan sebagai peningkatan bertahap untuk produk Microsoft Windows. Dan dimaksudkan untuk mengatasi penerimaan kritik Windows Vista yang buruk sementara mempertahankan kompatibilitas perangkat keras dan perangkat lunaknya.

Windows 7
Windows 7 Original Wallpaper

Win 7 melanjutkan perbaikan pada Windows Aero (user interface yang diperkenalkan pada Windows Vista) dengan penambahan taskbar yang dirancang ulang yang memungkinkan aplikasi untuk “disematkan” ke dalamnya. Serta fitur manajemen jendela baru.

Fitur-fitur baru lainnya yang ditambahkan ke sistem operasi ini termasuk library, sistem berbagi file baru HomeGroup, dan dukungan untuk input multitouch. Interface “Action Center” yang baru juga ditambahkan untuk memberikan tinjauan umum tentang keamanan sistem dan informasi pemeliharaan, dan penyesuaian dibuat pada sistem User Account Control agar tidak terlalu mengganggu. Win 7 juga dikirimkan dengan versi terbaru dari beberapa aplikasi bawaan, termasuk Internet Explorer 8 , Windows Media Player , dan Windows Media Center.

Dan tak terasa waktu tersebut sudah lewat sepuluh tahun.

Kenapa harus mengganti Windows 7 dengan yang terbaru?

Dukungan untuk Win 7 akan berakhir pada 14 Januari 2020. Jika kalian terus menggunakan sistem operasi Win 7 setelah dukungan berakhir, PC kalian masih akan tetap berfungsi seperti biasa. Namun, PC kalian akan menjadi lebih rentan terhadap ancaman virus dan resiko keamanan lainnya. Itu karena sistem operasi ini tidak akan lagi menerima pembaruan perangkat lunak, termasuk pembaruan keamanan dari Microsoft.

Windows 7
Image : https://support.microsoft.com/

Pada laman resminya, Microsoft sangat menganjurkan agar kalian pindah ke PC baru yang menjalankan Windows 10 sebelum 14 Januari 2020. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari situasi di mana kalian sangat memerlukan layanan atau dukungan yang tidak lagi disediakan Microsoft.

Baca Juga :  Saking Gabutnya, Orang Ini Buka 6000 Tab Google Chrome, Makan RAM 857GB!!

Mungkin memang berat untuk menggantikan sistem operasi yang sudah kita pakai bertahun-tahun dan merasa nyaman menggunakannya. Namun demi kenyamanan, lebih baik upgrade sistem operasi kalian menjadi yang terbaru. dan ucapkan selamat tinggal kepada Windows 7 kita semua.

Related posts

Leave a Comment