Recent in Technology

Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Klik Kanan

Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Klik Kanan

Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Klik Kanan
- Ketika bekerja menggunakan Windows, Anda mungkin terkadang mengalami masalah klik kanan tidak berfungsi atau context menu tidak muncul di layar. Meskipun bukan masalah yang serius, hal ini bisa cukup mengganggu ketika Anda harus bekerja dengan cepat. Karena itu, ada baiknya Anda mengetahui cara mengatasi Windows tidak bisa klik kanan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini.

Penyebab Menu Klik Kanan Lambat Muncul

Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Klik Kanan 1

Biasanya, masalah menu klik kanan tidak muncul terjadi setelah Anda meng-install driver VGA. Kemungkinan, menu VGA yang muncul pada context menu inilah yang menjadi penyebabnya. Ketika menu tersebut dihapus, biasanya menu klik kanan akan kembali normal. Jika mengalami hal ini, Anda bisa mencoba cara mengatasi Windows tidak bisa klik kanan berikut ini.

Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Klik Kanan

Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Klik Kanan 2

Context menu
adalah menu pop up yang muncul ketika Anda klik kanan pada sebuah file, program, atau area kosong pada layar laptop/PC. Jika pop up tidak muncul, lakukan cara mengatasi Windows tidak bisa klik kanan sebagai berikut.

  1. Tekan tombol Windows + R yang ada pada keyboard laptop/PC Anda dan setelah itu akan muncul jendela “Run”.
  2. Ketik “Regedit” pada jendela “Run” tersebut.
  3. Klik tombol “OK” dan jendela “Registry Editor” akan terbuka.
  4. Masuklah ke direktori ContextMenuHandlers. Pada panel sebelah kanan “Registry Editor”, Anda akan melihat banyak direktori registry yang ada di Windows. Cari dan masuklah ke direktori ini:

HKEY­_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shellex\ContextMenuHandlers\

  1. Hapus folder Context Menu sesuai dengan VGA yang Anda pakai. Setelah masuk ke folder ContextMenuHandlers, cari salah satu di antara folder berikut ini sesuai merek VGA Anda, yaitu:
  • Untuk Intel, cari folder igfxcui, ifgfxDTCM
  • Untuk NVIDIA, cari folder NvCpIDesktopContext
  • Untuk AMD, cari folder ACE
  1. Restart komputer, lalu tutup “Registry Editor” dan setelah itu, restart laptop atau PC Anda kembali.
  2. Periksa apakah menu klik kanan sudah muncul seperti biasa.

Selain cara mengatasi Windows tidak bisa klik kanan menggunakan “Registry Editor” seperti yang dijelaskan di atas, ada cara lain yang bisa Anda coba. Yang penting adalah Anda harus menghilangkan context menu VGA dari menu klik kanan. Cara tersebut adalah sebagai berikut.

Menggunakan Aplikasi ShellExView

Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengatur shell extendion dan menu yang ada pada Windows 10, termasuk menu klik kanan. Dengan demikian, aplikasi ini jugabisa digunakan untuk mengatasi masalah Windows tidak bisa klik kanan.

Caranya adalah Anda harus mengunduh dan meng-install aplikasi tersebut, lalu buka aplikasi. Tunggu sampai semua shell extension yang ada terdeteksi dan daftarnya muncul di halaman utama aplikasi.

Selanjutnya, carilah shell extension dari VGA yang Anda gunakan, yaitu TheDeskToContextMenu Class untuk (Intel), NVDIA CPL Context Menu Extenson (NVIDIA), atau SimpleShlExt Class (AMD). Klik pada extension yang sesuai, kemudian klik tombol merah untuk disable. Setelah itu, tutup kembali aplikasi ShellExView, lalu restart komputer Anda.

Memperbarui Driver VGA

Seperti telah disebutkan, masalah Windows tidak bisa klik kanan disebabkan oleh context menu dari VGA. Jadi, Anda bisa mencoba untuk meng-update driver guna memastikan Anda menggunakan versi driver terbaru yang aman dari bug.

Anda bisa meng-update driver VGA dengan cara mengunduh langsung dari situs resminya sesuai dengan merek VGA yang digunakan. Setelah itu, restart komputer Anda dan periksa apakah menu klik kanan sudah muncul.

Men-Disable Opsi Context Menu ketika Menginstall Driver VGA

Ketika melakukan instalasi, Anda bisa memilih untuk tidak menampilkan context menu. Dengan cara ini, Anda tidak akan terhindar dari masalah Windows tidak bisa klik kanan yang mengganggu.

Posting Komentar

0 Komentar

People